POPULAR STORIES

Mesin Mobil Loyo? Simak Cara Deteksi Masalahnya Berikut Ini

Mesin Mobil Loyo? Simak Cara Deteksi Masalahnya Berikut Ini Ilustrasi (Kipli/Kabaroto)

KabarOto.com - Merawat kendaraan, tentu menjadi kewajiban Sobat KabarOto sebagai pemilik. Suka atau tidak, kendaraan tersebut adalah sarana transportasi yang mengantarkan Sobat ke tempat tujuan.

Jika terlampau cuek dengan kendaraan sendiri, akibatnya beberapa masalah bisa timbul, seperti 5 poin yang disampaikan oleh Yudhistira dari Natama Motor, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Simak 5 Tips Jitu Ketika Negosiasi Dengan Penjual Mobil

1. Oktan BBM kelewat rendah

Mengisi BBM dengan oktan sesuai peruntukannya adalah wajib. Menurutnya, perhitungan oktan BBM akan mempengaruhi kinerja mobil. "Bensin atau solar dengan tingkatan oktan yang sesuai dengan spesifikasi mesin dapat memperkecil tingkat risiko hilangnya tenaga pada mobil secara tiba-tiba. Biasanya, oktan yang lebih tinggi menjadi saran untuk mobil dengan keluaran terbaru," ujar Kodel, sapaan akrabnya.

2. Overheat

Pria pehobi motor 2-tak itu mengatakan, keadaan mesin mobil yang terlalu panas dapat disebabkan oleh kondisi pengemudi yang terlalu lama menahan injakan pedal gas. Terutama saat berhenti pada tanjakan untuk mempertahankan posisi mobilnya.

"Overheat lazim terjadi pada mobil matik. Seringnya kondisi ini terjadi lantaran pengemudi menahan injakan pedal gas saat berhenti di tanjakan untuk menjaga posisi mobil. Sebaiknya sering gunakan rem tangan atau e-brake dan persneling di posisi netral untuk meminimalisir risiko itu," jelasnya.

3. Filter bahan bakar kotor

Penyebab lain dari hilangnya tenaga pada mobil dapat dipengaruhi oleh kondisi filter bahan bakar yang kotor. "Kondisi filter bahan bakar yang kotor dapat disebabkan oleh tumpukan partikel dan endapan yang ada pada tangki bensin. Ini dapat menghambat aliran mesin sehingga menyebabkan kondisi mobil tidak dapat bekerja secara optimal," kata pemukim kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan itu.

Baca juga: Simak Tips Menjaga Kebersihan Bodi Dan Mesin Mobil Saat Musim Hujan

4. Klep bocor

Kondisi klep atau katup mobil yang tidak disetel dengan baik akan menyebabkan fungsinya sebagai pintu masuk udara dan bensin serta keluar gas dari mesin ke knalpot tidak dapat dilakukan secara maksimal.

5. Kerusakan pada tuas transmisi dan kopling

"Pada mobil matik, ini sangat terasa, karena tenaga mobil terasa tertahan dan tak sepenuhnya dapat disalurkan oleh mesin ke roda. Girboks matik yang bermasalah dan kanvas kopling yang aus bisa jadi indikasi tenaga loyo tersebut," tutupnya.