POPULAR STORIES

Simak 5 Tips Jitu Ketika Negosiasi Dengan Penjual Mobil

Simak 5 Tips Jitu Ketika Negosiasi dengan Penjual Mobil KO

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang sedang berburu beli mobil bekas, tapi harga yang ditawarkan terasa mahal harus memahami cara menawar mobil bekas yang bijak supaya bisa dapatkan harga yang sesuai, seperti yang diuraikan financial educator Lifepal, Aulia Akbar.

Menurutnya mobil tertentu merupakan sebuah aset yang sifatnya terdepresiasi. Namun, tanpa trik negosiasi jual beli mobil yang baik, besar kemungkinan Sobat bakal rugi karena harus membayar dengan harga tinggi.

1. Coba mobil dan sebutkan kekurangan ke penjual

"Salah satu hal yang bisa membuat harga mobil anjlok adalah kondisi mobil tersebut. Karena itu, semakin banyak kita mengetahui kekurangan mobil bekas yang ingin dibeli, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapat diskon," ujarnya.

Lewat tips menawar beli mobil bekas satu ini, kamu harus mampu mengetahui secara menyeluruh sensasi berkendara mobil tersebut. Sebagai contoh, setirnya agak getar jika dilepas dalam keadaan jalan, maka mobil otomatis akan lari ke sisi kanan atau kiri. Jika kondisinya seperti itu, besar kemungkinan Sobat harus wheel alignment dan balancing ban.

2. Jangan sungkan menawar

Setelah mobil dicoba, jangan lupa tanyakan ke penjual, “masih bisa kurang, kan?” Jangan sungkan dengan ucapan penjual yang bilang, “boleh, asal jangan sadis-sadis,” atau “nego tipis saja”.

Baca juga: Simak Tips Minimalisir Dana Sebelum Kecelakaan Pakai Asuransi

Penjual tentu berharap keuntungan yang besar. Karena itu, semakin banyak kekurangan mobil tersebut yang Sobat temukan seperti yang dijelaskan di poin satu, maka semakin besar pula peluang untuk meminta potongan harga saat beli mobil bekas.

3. Jangan terlalu terlihat tertarik

“Wah, keren, ya. Mulus banget ini, boleh saya coba?” Jika reaksi Sobat seperti ini, penjual tentu tahu bahwa Sobat sudah kepincut dengan mobilnya. Harga mahal pun bisa saja bikin Sobat tertarik karena memang sudah naksir.

Ketika Sobat melakukan negosiasi, maka diskon yang diberikan penjual tak akan terlalu signifikan. Bisa jadi hanya turun ratusan ribu atau Rp 1 jutaan saja.

Meski Sobat hanya menawarnya sedikit, tetap saja penjual akan bertahan di harga tersebut. Karena itu, cara nego mobil bekas yang tak boleh diabaikan adalah tidak terlalu memperlihatkan ketertarikan.

4. Ajak penjual lakukan inspeksi sebelum menawar mobil bekas

Cek apakah mobil bekas terendam banjir atau mengalami tabrakan. Ketika menerapkan cara menawar mobil bekas, jangan abaikan inspeksi mobil.

Kalau si penjual mengatakan hal itu sampai menambahkan kalimat “dijamin terawat”, ajak saja ke tempat inspeksi mobil.

Baca juga: Memahami Detail Ragam Asuransi Kendaraan

Seandainya si penjual menolak, tandanya cuma ada dua kemungkinan. Mobilnya memang sebenarnya bermasalah, atau dia tak berminat meladeni untuk pelayanan satu ini.

5. Kalau tak jodoh jangan dipaksakan

Ketika sudah melakukan negosiasi mobil bekas incaran dengan cara di atas, tapi si penjual tetap tak menurunkan harga jualnya, maka bisa jadi memang belum jodoh.

Patokan untuk membeli aset ini tentu saja adalah mahar alias uangnya. Jika memang uang yang Sobat anggarkan masih kurang cukup untuk jadi mahar mobil ini, maka tak perlu dipaksakan.

"Besar kemungkinan si penjual bisa saja bilang kalau, “Wah sudah ada yang antri di harga segitu tapi belum saya lepas.” Atau bisa juga begini, “Saya jual santai, mana yang cocok saya lepas,” ujarnya.

Menurutnya, jika kamu menerima respon seperti itu, jangan gegabah dan panik. Ingat bahwasannya mobil adalah aset yang nilainya mengalami depresiasi.

"Katakan saja padanya, “Ya sudah, saya ngantri di harga segini saja deh, barangkali bos berubah pikiran,” tutupnya. Selamat berburu mobil seken ya!