POPULAR STORIES

Kunci Kontak Model Keyless, Manjakan Pemilik Kendaraan

Kunci Kontak Model Keyless, Manjakan Pemilik Kendaraan (Foto: Kipli/ Deddy/ KO)

KabarOto.com - Teknologi di dunia otomotif makin berkembang, contohnya kini jaman dijumpai manufaktur menjual kendaraan mereka dengan kunci kontak model Keyless yang dapat dibilang relatif memanjakan pemiliknya.

“Fitur ini merupakan inovasi teknologi pada industri otomotif. Tujuannya untuk kepraktisan penggunaan mobil. Jika diartikan Keyless adalah 'tanpa kunci' yang dirancang sebagai pengganti kunci mobil manual,” ujar Rafi’i Sinurat, kepala bengkel di Astra Peugeot Sunter, Jakarta Utara.

Dengan hadirnya fitur tersebut, para pemilik mobil bisa membuka dan menutup pintu hanya dengan menekan tombol yang tersedia pada Keyless. Seketika bagian Key akan mencari sinyal atau gelombang radio yang terpancar dari mobil. Dengan begitu, kunci pintu mobil akan terbuka.

Baca Juga: Cara Membedakan Rem Brembo Asli Dan Palsu

Seiring kemajuan teknologi, Keyless fungsinya makin sempurna lantaran pemilik tidak harus menekan tombol. Melainkan cukup mendekat bersama Keyless sembari arahkan telapak tangan ke gagang pembuka pintu. Secara otomatis kunci pintu akan terbuka.

“Hadirnya Keyless memang terasa jauh lebih mudah dan praktis. Lantaran pemilik tidak perlu bersusah-payah merogoh kantong celana untuk mencari kunci mobil. Tambah lagi hanya dengan menekan tombol Start pada Key, maka secara otomatis mesin mobil akan menyala,” imbuhnya.

Meski penggunaan Keyless pada mobil terbilang lebih praktis dan aman. Namun fitur ini tetap memiliki kekurangan, yaitu bisa mati secara tiba-tiba. Penyebabnya bisa saja baterai di dalam Keyless habis hingga terendam air. Oleh karena itu pemilik harus selalu mengecek kondisi Keyless.

Baca Juga: Spare Part Peugeot Sekarang Bisa Dibeli Secara Online

Ciri-ciri baterai Keyless mulai habis biasanya bagian lampu indikatornya redup. Atau saat digunakan sering sekali tidak memberikan respons sinyal terhadap mobil.

Seperti diketahui, Keyless memanfaatkan gelombang radio sebagai sinyal untuk menyalakan mesin mobil ataupun membuka dan menutup pintu mobil. "Bila baterai habis, segera ganti dengan baterai yang baru. Jangan lupa untuk menjauhkan Keyless dari air agar tidak rusak," tutupnya.