POPULAR STORIES

Begini Cara Merawat Apparel Berbahan Kulit Asli

Begini Cara Merawat Apparel Berbahan Kulit Asli Jaket kulit perlu perawatan khusus agar tidak mudah rusak (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang gemar motoran, tentunya punya apparel atau riding gear yang terbuat dari material kulit asli, seperti sarung tangan hingga jaket.

Nah, Andri Suhendar dari Kanzia Leathershop, punya tips perawatan material kulit asli, agar awet ketika ingin digunakan kembali.

"Jika barang berbahan kulit mulai mengerut, cobalah untuk menyetrika dengan tingkat panas yang rendah, memakai perantara seperti kain atau kertas," buka pria asal Garut, Jawa Barat tersebut.

Ia bilang, alternatif lainnya, bisa juga dengan di tekan menggunakan benda berat. Sobat juga harus berusaha menjauhkan material tersebut dari cahaya matahari langsung.

Andri mengingatkan untuk menyimpan apparel dalam sebuah wadah berwarna gelap, untuk memberikan perlindungan ekstra.

Baca Juga: Bikers! Begini Cara Membedakan Apparel Kulit Asli Dan Sintetis

"Jika apparel mengalami retak setau pecah, atasi dengan minyak cerpelai, sabun pelana, atau pelembab kulit, bisa juga menggunakan kondisioner untuk membantu melembutkan kulit yang kaku," bebernya.

Andri bilang, jika terkena air atau hujan, gunakan semprotan anti air atau prosoft dan sejenisnya.

Cara mengeringkannya cukup digantung dan diangin-anginkan saja, namun jangan dijemur di bawah terik matahari secara langsung.

"Membersihkan barang berbahan kulit, cukup 2 kali dalam 1 tahun, jika ada kotoran yang harus dibersihkan maka gunakan kain lembab," katanya.

Baca Juga: Jaket Alpinestars Ini Nyaman, Safety Dan Cocok Digunakan Untuk Harian

Kalau erkena noda, gunakan pembersih tinta untuk menghilangkan kotoran seperti tinta atau lipstick. Penyimpanan bisa dilakukan di tempat yang bersih, kering dan sejuk, agar terhindari dari jamur.

"Gunakan bantalan busa pada klip gantungan, karena bisa merusak produk kulit seperti tas, dompet dan lainnya adalah noda, debu, keringat bahkan bisa menghilangkan warna aslinya," ujarnya.

Ia mewanti untuk tidak mencuci maupun merendam produk kulit apalagi dengan deterjen, karena akan membuat kualitas cat kulit menjadi pudar.