POPULAR STORIES

Bikers! Begini Cara Membedakan Apparel Kulit Asli Dan Sintetis

Bikers! Begini Cara Membedakan Apparel Kulit Asli dan Sintetis Sarung tangan terbuat dari bahan kulit (Foto: kabarOto/Kipli)

KabarOto.com - Perlengkapan berkendara seperti jaket, sarung tangan sampai tas biasanya terbuat dari bahan kulit, digunaan oleh bikers untuk melndungi tubuhnya selama mengendarai motor.

Namun, saat ini banyak apparel terdapat bahan dari sintetis yang mirip dengan kulit, harganya lebih murah. Andri Suhendar punggawa Kanzia Leather Shop berbagi informasi cara membedakan apparel berbahan kulit dan sintetis.

Baca Juga: Asli Buatan Tangan, Dhe Leather Sanggupi Pengerjaan Kulit Kendaraan Yang Variatif

"Kulit asli cenderung punya teksur yang tidak sempurna dibandingkan sintetis. Contohnya jika diraba, maka bagian belakang sintetis akan terasa seperti kain, bukan beludru atau suede seperti kulit asli," ujarnya.

Pengendara motor menggunakan jaket dan sarung tangan kulit (Foto: kabarOto)

Ia bilang, permukaan yang tak rata dari kulit asli, disebabkan oleh penyayatan dan pengelupasan kulit setelah penyembelihan.

"Bagian tertentu dari organ hewan juga memiliki ketebalan kulit yang berbeda secara alami," imbuhnya. Sintetis tidak memiliki elastisitas seperti kulit asli. Jika ditekan, akan muncul kerutan secara alami.

Baca Juga: Tips Memilih Kulit Jok Ala Total Biar Mudik Makin Nyaman

"Meski demikian, ada pula kulit asli yang tidak memiliki kerutan seperti saffiano leather maupun patent leather," tambahnya.

Ia menyarankan, pengetesan keasliannya dengan cara membakar. "Kulit asli tidak akan langsung terbakar dan mengeluarkan aroma seperti rambut terbakar. Sintetis akan langsung terbakar dengan aroma karet atau plastik," tutupnya.