POPULAR STORIES

Begini Cara Merawat CVT Nissan X-Trail Agar Umurnya Panjang

Begini Cara Merawat CVT Nissan X-Trail Agar Umurnya Panjang

KabarOto.com - Permasalah pada CVT akan sangat mengganggu perjalanan. Kendaraan akan kekurangan tenaga akibat masalah tersebut. Biasanya, ketika CVT sudah terjangkit masalah selain tenaganya loyo, akselerasinya mulai terasa berat serta muncul suara aneh. Bahkan bukan tidak mungkin kendaraan tidak bisa jalan.

Persoalan ini cukup sering dialami oleh Nissan X-Trail, khususnya generasi kedua dengan kode bodi T31. Biasanya CVT akan bermasalah apabila pengguna melakukan kesalahan atau lalai dalam perawatan rutin.

"Banyak pemiliknya yang tidak tahu bagaimana cara merawat matic CVT dan perlakuannya," ujar Hermas Efendi Prabowo, Diagnostic & Repair Specialist Worner Matic.

Baca Juga: Hati-hati, Kuras Oli Transmisi Matik Bisa Sebabkan Mesin Masuk Angin

Sering terjadi matic CVT T31 tidak atau jarang dirawat, sehingga umur pakainya jadi lebih pendek dari yang seharusnya. Namun, dirawat pun CVT tetap bisa bermasalah loh Sob. Hal tersebut disebabkan karena ketidaktahuan pemilik atau pengguna dalam menjaga kualitas oli transmisi.

Perlu diketahui, agar CVT Nissan X-Trail T31 milik Sobat KabarOto bisa awet dan berumur panjang jaga kualitas oli agar selalu bagus. Jangan sampai oli transmisi berlebihan atau kekurangan, tentunya ditunjang dengan menggunakan oli sesuai spesifikasi.

Selain itu, pengguna juga harus menjaga suhu oli maric agar selalu berada pada rentang yang wajar. Walau Nissan X-Trail masuk dalam segmen SUV, sebaiknya hindari jalanan banjir.

Baca Juga: Profil - Nissan X-Trail

Apabila CVT Nissan X-Trail milik Sobat KabarOto sudah terlanjur rusak, maka harus diperbaiki atau ganti unit girboks CVT baru.

"Tentu harganya mahal, bisa mencapai Rp 50 jutaan. Langkah alternatif adalah ganti dengan barang bekas hingga barang copotan," jelas Hermas.

Terkait penggantiannya Hermas juga menjelaskan bahwa menempuh langkah alternatif itu untung-untungan, konsumen bisa mendapat barang yang bagus bahkan tidak. Seandainya mendapat barang bagus, itu pun hanya melanjutkan sisa umur pakai dari CVT tersebut.