POPULAR STORIES

Begini Cara Merawat Kunci Kontak Motor Agar Tidak Cepat Dol

 Begini Cara merawat Kunci Kontak Motor Agar Tidak Cepat Dol Kunci kontak motor (istimewa)

KabarOto.com - Seiring dengan usia pemakaian motor, kunci kontak umumnya terasa longgar. Jika terus dibiarkan, kunci kontak tidak akan bisa digunakan lagi. Lantas, bagaimana cara merawatnya?

Tanda-tanda kunci kontak yang sudah rusak adalah kunci motor bisa dicabut atau ditarik pada saar di posisi 'ON'. Padahal, seharusnya kunci kontak tidak bisa dicabut saat berada dalam posisi 'ON'.

Baca Juga:

Seperti dilansir dari situs resmi Honda, Selasa (10/10/2017), ada beberapa cara untuk merawat kunci kontak motor agar tidak cepat dol atau rusak.

Pertama, lumasi kunci kontak dengan oli atau pelumas. Bisa juga dengan cara menyemprotkan WD-40. Tetapi, hal yang perlu dingat adalah kita jangan sampai menggunakan pelumas bekas.

Kemudian, jangan bebani kunci dengan gantungan atau mainan yang berat. Usahakan masuk atau keluarkan kunci dengan tidak memaksakan jika keras.

Lalu hindari benda asing masuk ke dalam rumah kunci kontak, misalnya patahan benda. Namun apabila kunci sudah terlanjur longgar atau dol, kaitkan kunci dengan tali agar tidak terjatuh saat berkendara. Lebih baik segera menggantinya jika mengalami kondisi demikian.