POPULAR STORIES

Penyebab Kunci Motor Macet Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kunci Motor Macet dan Cara Mengatasinya Cara mengatasi kunci motor macet dengan menggunakan pelumas besi (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Saat ingin menyalakan sepeda motor, terkadang mengalami masalah kunci yang tidak bisa memutar alias macet. Sebenarnya apa yang menyebabkan hal itu terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya? Wahyu Budi, Training Analiyst PT Wahana Makmur Sejati, main diler sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang menjelaskan.

"Penyebab kunci motor macet beragam, ada yang terjadi karena pemakaian pengguna tidak benar, bisa juga endapan air masuk ke kontak kunci," terangnya kepada KabarOto beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Penyebab Asap Putih Dan Hitam Keluar Dari Knalpot Motor

Namun, menurutnya, penyebab utama sebenarnya yang paling sering terjadi adalah kotoran masuk ke kontak kunci seperti debu dan tetesan air.

Beberapa motor keluaran baru sudah mengantisipasi hal ini, terjadi dengan menggunakan bahan stainless steel pada kontak kunci dan menggunakan penutup kunci.

Kunci di motor keluaran terbaru

"Tidak menjamin juga sih, karena banyak juga masalah ini terjadi di motor baru," tambah dia. Celakanya, seperti banyak dilakukan pengguna motor, memaksakan memutar kunci yang tidak bisa diputar atau macet.

"Dampaknya kunci motor bisa patah, bahkan nyangkut di dalam. Untuk itu perlu diketahii bagaimana mengatasi kunci motor macet dengan aman dan benar," tambahnya. Berikut cara mengatasi masalah kunci motor macet:

1. Tekan Kunci dan Putar Setir

Tekan kunci motor dan memutar setir ke kiri dan kanan. Ini dilakukan untuk mencari celah agar kunci dapat bergerak. Pastikan memutar kunci dan setir sekuat-kuatnya.

2. Gunakan Pelumas Besi

Cara lain membersihkan dan melumasi silinder kunci. Caranya semprotkan kunci dengan cairan pembersih kontak elektrik agar kotoran bersih. Kemudian teteskan sedikit cairan grafit untuk elumasinya. Saat proses ini dilakukan, putar kunci sekuat-kuatnya sambil menggoyangkan setir.

Baca Juga: Mau Libur Nataru Pakai Sepeda Motor? Yuk, Simak Tipsnya

Namun jika semua langkah di atas sudah dilakukan, dan kunci tetap macet. Segera hubungi tenaga ahli untuk menanganinya. Karena itu bisa kunjungi bengkel AHASS terdekat, sekaligus lakukan pemeriksaan dan perawatan motor berkala secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor tetap bisa bekerja secara optimal.