POPULAR STORIES

Penyebab Asap Putih Dan Hitam Keluar Dari Knalpot Motor

Penyebab Asap Putih dan Hitam Keluar dari Knalpot Motor Asap putih dri motor bebek (Foto: WMS)

KabarOto.com - Saat berada di jalan raya, kerap melihat beberapa sepeda motor matik atau bebek mengeluarkan asap putih dan hitam dari knalpotnya. Tanpa disadari, kuda besi miliki juga akan mengalami kondisi itu. Lalu apa sebenarnya penyebab keluarnya sap dari knalpot? Wahyu Budi, Training Analyst Wahana Makmur Sejati, main diler sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang memberi penjelasannya.

"Warna putih pada knalpot berarti ada masalah pada oli mesin, sementara warna hitam identik dengan pembakaran bahan bakar yang tidak normal," terangnya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jangan Terus Tekan Electric Starter Saat Motor Mogok Maksimal 5 Detik, Ini Alasannya

Asap hitam menurut dia, biasanya terjadi karena setelan semburan bahan bakar tidak sempurna sehingga terlalu boros. "Asap putih penyebabnya oli mesin tercampur dengan bahan bakar saat proses pembakaran karena oil seal klep bocor," tambahnya.

Asap hitam keluar dari knalpot motor matik (Foto: Momotor)

Untuk itu, saat knalpot keluar asap hitam, dia menyarankan melakukan pengecekan rutin, untuk menangani masalah asap ini, seperti busi, saringan udara, dan injektor. "Kalau asap putih karena oil seal klep bocor, harus dilakukan penggantian suku cadang," papar Wahyu Budi.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, oli mesin akan habis dan membuat ring piston, seal klep, dan seher menjadi baret. "Kalau asap putih keluar, segera cek busi juga ya, jika kering biasanya knalpot kotor dengan oli, dan mesin tidak bermasalah," paparnya.

Kondisi busi basah, kemungkinan penyebabnya oil seal klep bocor, harus mengganti komponen tersebut.

Oleh sebab itu, dia menyarankan pemilik motor wajib melakukan pemeriksaan rutin, sesuai buku panduan yang sudah didapatkan saat membeli motor. Pengantian oli yang sesuai dengan mesin wajib dilakukan secara teratur.

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar BBM Irit Saat Mengendarai Sepeda Motor

"Jika sudah terlanjur parah dan knalpot berasap putih, penggantian suku cadangnya sekitar Rp 1 juta, untuk satu set piston. Sementara asap hitam tidak sampai Rp 500 ribuan," tutup Wahyu.