POPULAR STORIES

Jangan Terus Tekan Electric Starter Saat Motor Mogok Maksimal 5 Detik, Ini Alasannya

Jangan Terus Tekan Electric Starter Saat Motor Mogok Maksimal 5 Detik, Ini Alasannya Electric starter hanya bisa ditekan maksimal 5 detik (Foto: WMS)

KabarOto.com - Sepeda motor merupakan kendaraan yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk beraktivitas. Namun sering kali kuda besi ini tidak mendapat perhatian ekstra dari para penggunanya. Mogok, mesin tidak bisa nyala, menjadi salah satu akibatnya. Untuk menyalakannya, harus menggunakan electric starter yang ada pada setang motor. Namun ternyata, untuk menggunakannya (menekan) tidak boleh lebih dari lima detik, apa alasannya?

Wahyu Budi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, main diler sepeda motor Honda Jakarta dan Tangerang memberikan informasi tentang hal ini.
"Jika dilakukan terus menerus dan lebih dari lima detik, bisa menimbulkan kerusakan berlanjut pada komponen motor," jelasnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Wahana Honda Dan Forwot Gelar Satmori, Sambil Berbagi Dengan Yayasan Yatim Piatu

Jika mesin tidak kunjung menyala, mungkin bisa menggunakan kick starter. "Jika mesin tetap tidak menyala, jangan dipaksa dengan memencetnya terlalu sering dan lama. kalau lebih akan membuat motor starter menjadi panas," tambahnya.

Penyebabnya, bisa terjadi karena beberapa hal, di antaranya

1. Switch Starter

Switch starter atau alat untuk menghubungkan dan memutus arus listrik pada kendaraan secara tidak langsung. Anda harus mengecek komponen ini, sebelum menyalahkan aki.

Elecyric starter motor matik (Foto: Honda)

Cara mudah mengeceknya, dengan menyambung kabel antara switch starter. Jika mendengar bunyi seperti krek-krek, maka bisa jadi itu pertanda electric starter dalam keadaan tidak prima. Penyebabnya karena rusak atau mungkin kotor, sehingga perlu dibersihkan.

2. Dinamo Starter

Meski kemungkinannya kecil, namun bisa jadi faktor penyebab. Bisa jadi dinamo tersebut rusak karena konsleting, terputus atau sejenisnya.
Solusi utama untuk mengatasi permasalahan tersebut, mengganti arang kumparan yang terpasang pada dinamo. Bisa dibeli dengan harga Rp 20 ribuan.

Agak sulit untuk memasangnya, bisa membawa ke bengkel motor terpecaya Jika Anda tidak begitu paham atau bahkan tidak bisa melakukannya, lebih baik membawanya ke bengkel dan biarkan teknisi profesional yang menyelesaikannya untuk Anda.

3. Bendik

Terakhir adalah bendik, bisa jadi faktor pemicu electric starter sulit dinyalakan. Komponen ini memiliki fungsi utama untuk menyambungkan arus listrik yang dikirim oleh aki ke dinamo starter.

Baca Juga: Wahana Artha Group Ajak Pegiat Media Menjajal Honda ADV160 Melalui Green Touring

Jika terdapat kendala pada komponen ini, arus listrik yang seharusnya disalurkan ke dinamo tidak akan terhubung dengan baik akibatnya mesin kendaraan pun tidak dapat menyala.