POPULAR STORIES

Begini Cara Merawat Sarung Tangan Bikers Yang Benar

Begini Cara Merawat Sarung Tangan Bikers yang Benar Bellissimo

KabarOto.com - Sarung tangan merupakan salah satu aksesori atau bagian yang cukup penting dalam safety riding.

Selain kegunaan untuk menunjang keselamatan pengguna seperti saat terjadi kecelakaan atau senggolan dengan pengendara lain.

Saat ini, kegunaan sarung tangan juga memberikan kenyamanan seperti terhindar dari terik matahari dan anti selip pada pegangan motor.

Saat ini ada sarung tangan berbagai jenis atau model serta bahan diantaranya bahan kulit, spandex, polyester, dan lainnya.

Segi kegunaannya cukup beragam, seperti sarung tangan off road, sporty maupun touring. Sarung tangan pun butuh perawatan agar saat digunakan selalu aman dan nyaman.

Berikut tips dari Muhammad Arief selaku Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca juga: Bikers, Begini Caranya Merawat Jaket Motoran

1. Mencuci sarung tangan

Disarankan mencuci sarung tangan minimal 2 kali dalam seminggu. Cara mencucinya pun tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan di rumah.

Rendam sarung tangan di wadah berisi air hangat, ditambahkan sabun cuci tangan atau sabun bayi secukupnya, rendam selama 7 sampai maksimal 10 menit.

"Jangan terlalu lama karena, jika terlalu lama akan membuat bahan sarung tangan menjadi mudah melar atau kurang elastis," ujarnya.

Bersihkan perlahan menggunakan tangan, atau siapkan sikat gigi bekas, lalu sikat secara perlahan jangan terlalu kuat, karena bisa menjadi penyebab kerusakan permanen pada bagian sarung tangan.

Setelah disikat atau dicuci, cukup bilas sarung tangan menggunakan air bersih atau dengan air yang mengalir dengan tekanan yang cukup.

"Khusus bahan kulit, bersihkan tanpa merendamnya dalam air, demi mencegah kerusakan pada lapisan kulit. Untuk sarung tangan berbahan kain, proses pengeringannya boleh dikeringkan di bawah sinar matahari," tandasnya.

Bagi sarung tangan berbahan kulit, proses pengeringan jangan langsung di bawah terik sinar matahari. Cukup diangin-anginkan hingga benar-benar kering atau menggunakan kipas angin.

Jangan lupa, pastikan sisi dalam sarung tangan benar-benar kering. Selesai dicuci, sarung tangan jangan diperas.

Baca juga: Hindari Mogok Karena Spul Gosong, Begini Cara Merawatnya

2. Merawat sarung tangan

Setelah selesai digunakan, taruh sarung tangan di tempat yang kering atau tidak lembab.

Saat digunakan, sarung tangan akan terkena keringat, sehingga jika ditaruh di tempat yang lembab, akan membuat sarung tangan menjadi mudah bau.

Jangan menyemprot sarung tangan menggunakan parfum, terkadang saat menjumpai sarung tangan yang bau maka sering langsung disemprot menggunakan parfum.

"Hal tersebut akan menambah bau yang kurang sedap, selain bau pada sarung tangan pada saat berkendara pun mudah selip karena terdapat cairan pada sarung tangan," wantinya.