POPULAR STORIES

Begini Cara Mudah Merawat Slang Rem Sepeda Motor

Begini Cara Mudah Merawat Slang Rem Sepeda Motor

KabarOto.com – Faktor keselamatan menjadi hal yang paling penting saat berkendara sepeda motor. Selain perilaku pengendara, pengereman menjadi salah satu bagian terpenting yang harus selalu di cek sebelum berkendara.

Bukan hanya piringan atau tromolnya saja, bagian slang rem juga harus rutin dilakukan pemeriksaan. Komponen ini merupakan penghubung dua bagian utama rem pada sepeda motor.

Untuk melakukan pengecekan slang rem motor, ada beberapa peralatan yang perlu dipersiapkan.

"Siapkan saja alat dan bahannya seperti obeng, kunci pas, serta minyak rem cadangan," kata Bagas Darwin, Mekanik Yamaha Panprisa Depok, Jawa Barat, saat ditemui KabarOto.

Khusus untuk motor yang letak master remnya tertutup cover bodi, maka perlu dilepas dulu agar proses ganti slang rem lebih mudah. Selanjutnya lepas baut slang di bagian master rem lebih dahulu baru dilanjutkan dengan baut di kaliper rem menggunakan kunci 12.

"Supaya minyak rem tidak tumpah, gunakan plastik dan bungkus bagian ujung slang rem yang sudah terlepas," tambah Bagas.

Agar slang rem mampu bekerja dengan baik, sebaiknya lakukan 4 hal berikut:

Baca Juga : ABT RS4-S Station Wagon Sporty, Rasa Sport Cars

1. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan rutin pada bagian slang rem sepeda motor harus sering dilakukan untuk mencegah kebocoran, retak, rusak atau pun aus.

Sobat KabarOto harus memastikan cairan rem tidak berada di bawah garis batas. Jika demikian, tambahkan cairan rem hingga sesuai spesifikasi.

2. Jarak Main Tuas

Banyak yang belum tahu, ternyata jarak main tuas memiliki ukuran tertentu, yakni 15 sampai 25 mm.

Jika tidak sesuai, putar bagian mur pada rem hingga jarak main tuas sesuai spesifikasi.

Baca Juga : Peugeot Pajang Beragam Model Di Beijing International Automotive Exhibition 2020

3. Pergantian Slang Rem

Slang rem mengandalkan minyak rem dalam pengoperasiannya. Jika minyak rem kurang, maka slang rem tidak akan berfungsi maksimal.

Sebaiknya, lakukan pemeriksaan minyak rem setiap menempuh jarak 2.500 km, dan ganti slang rem setiap empat tahun sekali.

4. Kampas Rem

Bagian lain yang harus diperiksa adalah kampas rem. Jika kampas rem sudah mencapai batas pemakaian, segera ganti baru agar rem sepeda motor bekerja dengan baik.

Nah, jika semua bagian dari pengereman sudah berfungsi dengan baik. Sobat KabarOto juga harus menjaga perilaku berkendara dan mematuhi peraturan lalu lintas ya!