POPULAR STORIES

Begini Cara Perawatan Truk Agar Tetap Bekerja Optimal

Begini Cara Perawatan Truk agar Tetap Bekerja Optimal Sumber: Typestruck, Foto: KabarOto

KabarOto.com - Perawatan kendaraan komersial seperti truk harus benar-benar diperhatikan, agar kendaraan tetap prima saat digunakan. Berbeda dengan fungsi kendaraan biasa, truk banyak digunakan untuk bisnis logistik, konstruksi, perkebunan, dan jenis muatan berat lainnya.

Bicara soal perawatan, dasarnya sama dengan kendaraan biasanya. Tetap membutuhkan perawatan, hanya saja mengingat beban pekerjaan truk yang cenderung berat membutuhkan perawatan berkala.

Untuk menghindari kesalahan dalam merawat truk dan kerusakan mesin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa tips merawat mesin truk supaya awet dan tetap memberikan performa terbaiknya, seperti dirangkum dari website typestrucks.

Baca juga: Hyundai Hadirkan Universe Mobile Office, Solusi Mobilitas Cerdas

Perawatan mesin sangat diperlukan agar kendaraan bekerja tetap prima

Perhatikan masa perawatan secara periodik

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah masa perawatan truk itu sendiri. Semua truk memiliki periode atau masa perawatan. Misalnya, truk yang telah beroperasi dengan jarak 10.000 km harus ada perawatan berkala dengan mengganti filter udara atau pelumas.

Panaskan mesin dengan teratur

Mesin truk yang baru dinyalakan tidak boleh langsung dijalankan. Hal yang benar untuk dilakukan adalah dengan memanaskan mesinnya terlebih dahulu sebelum digunakan. Fungsinya agar semua komponen mesin benar-benar sudah siap untuk bekerja sebelum dijalankan. Hal ini akan memberi waktu kepada oli untuk naik dan mencapai sela-sela mesin agar terlumasi dengan sempurna.

Rutin memeriksa dan membersihkan filter udara

Sering melakukan pembersihan pada filter udara, tentunya bagian mesin akan lebih terawat dengan baik terutama area komponen pembakaran sistem injeksi atau karburator.

Ganti oli secara berkala

Dengan demikian, sistem pelumasan pada mesin pun dapat terjaga dan mengurangi gesekan antar komponen. Bukan hanya mengganti oli secara berkala, kualitas oli pun harus diperhatikan. Gunakan oli dengan merek berkualitas yang telah disesuaikan dengan kebutuhan truk.

Cek tangki bahan bakar

Pastikan tangki bahan bakar selalu tersedia. Baik ketika akan digunakan atau tidak, bahan bakar harus senantiasa tersedia dan tidak boleh kehabisan. Pasalnya, ketika tangki kosong, kondisi kondensasi berisiko terjadi dan bisa menyebabkan karat. Jika sudah terjadi karat, maka serpihannya dapat masuk ke pompa bahan bakar dan berujung pada mesin yang sulit dinyalakan.

Membersihkan truk

Untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada bagian mesin. Cara membersihkannya yaitu dimulai dari area mesin hingga ke sela-sela yang sulit di jangkau. Lakukan juga pembersihan pada seluruh bagian truk mulai dari area box cargo hingga bagian depan di area supir.

Baca juga: DHL Siapkan 2.000 Unit Van Kargo Transit Listrik Dari Ford

Gunakan truk sesuai muatan

Setiap kendaraan memiliki ketentuan dan kapasitas muatan. Tidak memaksakan membawa muatan berlebih atau overtonase, menghindari kerusakan pada bagian-bagian truk seperti suspensi, mesin dan ban.

Rutin sesuai jadwal ke bengkel resmi

Membawanya ke bengkel resmi adalah untuk meminimalisir kesalahan penanganan mekanik. Dengan demikian, jika ditemukan ada problem pada truk, hal tersebut bisa langsung diatasi. Truk Anda pun akan lebih optimal, awet, dan pastinya produktivitas bisnis tidak akan terhenti.

Itulah beberapa tips perawatan truk yang bisa dilakukan agar performa mesin truk tetap prima. Anda juga bisa mencari dan menemukan kendaraan truk yang Anda butuhkan di website speedco truck lube and tires. Menjaga dan merawat truk akan memperpanjang usia dan produktivias mesin truk.