POPULAR STORIES

Begini Cara Praktis Parkir Paralel Pakai Hyundai Creta Dan Stargazer

Begini Cara Praktis Parkir Paralel Pakai Hyundai Creta dan Stargazer Kipli

KabarOto.com - PT Hyundai Mobil Indonesia yang baru saja meresmikan diler BSD City, ingin membagikan tips kepada Sobat KabarOto tentang penggunaan fitur dalam keadaan parkir.

Pihaknya pun mengatakan, tips-tips ini sebenarnya telah disediakan di dalam Owners Manual, namun pihaknya ingin mengingatkan kembali bagi yang tidak sempat membacanya.

Cara Memindahkan Tuas Transmisi Dari P Ke N Saat Parkir Paralel Hyundai Creta. Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan saat mengendarai mobil adalah kemampuan dalam memarkir kendaraan. Selain parkir seri atau berjajar mobil, terdapat teknik parkir paralel.

Parkir paralel yang diperbolehkan adalah ketika kendaraan tidak menutupi parkir seri di dekatnya dan bisa didorong. Pengemudi Hyundai Creta, saat memarkirkan kendaraan paralel, sebaiknya mobil tetap harus menggunakan shift lock agar tetap aman. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Baca Juga: Hyundai Motor Indonesia (HMID) Jawab Keluhan Soal Dasbor Dan Door Trim Stargazer

  • Non aktifkan Auto-Hold.

  • Non aktifkan Electric Parking Brake.

  • Matikan AC.

  • Matikan mesin.

  • Saat mesin sudah mati, injak pedal rem bersamaan dengan memindahkan tuas transmisi dari P ke N. Proses ini berlaku selama 3 menit.

Hyundai Stargazer dengan transmisi otomatis memiliki fitur keselamatan yang disebut key-shift interlock. Saat meletakkan shifter ke posisi parkir, fitur akan menguncinya. Untuk keluar dari posisi parkir, kita harus memasukkan kunci ke dalam kunci kontak dan memutar kunci kontak ke posisi on atau run.

Baca Juga: Hyundai Stargazer Tembus 4.000 Pemesanan, Ini Data Dari HMID

Selain cara penggunaannya, perlu diketahui fitur "Shift Lock Release" pada Hyundai Stargazer. Walau buku manual Hyundai Stargazer tak menampilkan keterangan waktu berlakunya shift lock release, berikut caranya.

  • Non aktifkan rem tangan (hand brake) dan injak rem

  • Matikan mesin

  • Pindahkan transmisi dari P ke N dan injak pedal rem disaat bersamaan. Mobil akan memberikan waktu selama 3 menit untuk memindahkan transmisi.