Begini Detail Custom Skutik Listrik Giveaway Di IMX 2020

Begini Detail Custom Skutik Listrik Giveaway di IMX 2020

KabarOto.com - Kendaraan listrik terus didorong menjadi kendaraan masa depan. Pasalnya, kendaraan listrik memiliki banyak manfaat untuk lingkungan. Kabar baiknya, kini pemerintah khususnya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong persiapan terkait pembangunan industri kendaraan listrik di Indonesia.

Pemerintah saat ini tengah menjalin kerjasama dengan salah satu ajang pameran, Indonesia Modification Expo (IMX). Acara ini menjadi salah satu langkah untuk menengok konversi skuter matik (skutik) bermesin konvensional ke motor listrik.

Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah modifikator Tanah Air seperti Katros Garage dan Alitt Susanto. Ternyata Alitt sudah mengunggah proyek konversi tersebut di kanal YouTubenya, Sob. Asyiknya, skutik listrik ini bakal jadi giveaway di IMX 2020.

Baca Juga: Konversi Skutik Listrik Didukung Kemenperin, Bakal Tampil Perdana Di IMX 2020

Keramaian IMX 2018

"Dalam video itu diperlihatkan skutik yang akan dikonversi memakai motor listrik tak hanya diubah sumber tenaga
penggeraknya saja, tetapi juga dilakukan kustomisasi tampilannya agar lebih futuristis," ujar Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika.

Dijelaskan pula bahwa skutik yang dibangun mengambil basis skutik konvensional kompak seperti yang ada di pasaran. Nah, skutik tersebut dikustom mulai dari suspensi baik depan maupun belakang, bodi, hingga drive train atau motor penggeraknya yang akan diganti dari konvensional ke listrik.

Baca Juga: Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 Digelar Secara Virtual, Apa Strateginya?

Tak seluruhnya mengalami perubahan, konversi ini akan tetap mempertahankan beberapa komponen seperti sasis utama. Pasalnya, skutik listrik ini akan berfokus pada perubahan tampilan kaki-kaki menggunakan 'banana' arm. Komponen tersebut diaplikasikan agar penampakannya lebih kekar dan sesuai untuk dipasang pelek serta ban dan sistem pengereman yang ukurannya besar.

Soal tenanganya, skutik listrik akan dibekali baterai berkapasitas 60V 20A dari basis baterai bawaan 18.650 mAh. Kapasitas tersebut mampu membuat kendaraan ini melaju hingga 90-100 km untuk sekali pengisian, dimana sekali mengisi baterai memakan waktu 4,5 jam dari kosong hingga penuh.

Kerennya, adanya fitur autocut memungkinkan proses pengisian baterai akan terputus otomatis apabila sudah penuh. Diperkirakan umur baterai akan mencapai 6 tahun.