Konversi Skutik Listrik Didukung Kemenperin, Bakal Tampil Perdana Di IMX 2020

Konversi Skutik Listrik Didukung Kemenperin, Bakal Tampil Perdana di IMX 2020

KabarOto.com - Kendaraan listrik nampaknya akan menjadi transportasi masa depan karena memiliki segudang keuntungan untuk lingkungan. Saat ini, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong persiapan terkait pembangunan industri kendaraan listrik di Indonesia.

RI 1 telah mengeluarkan Peraturan Presiden No. 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

"Upaya tersebut juga selaras dengan tren dunia yang terus bergerak ke penggunaan kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika.

Baca Juga: 3 Modifikator Bakal Sulap GELIS Tampil Di IMX 2020

Nah, menuju penerapan regulasi kendaraan listrik pada 2021, Kemenperin mulai melakukan sosialisasi pengembangan kendaraan listrik khususnya sepeda motor. Bahkan, pemerintah juga menggandeng salah satu ajang pameran otomotif modifikasi di Indonesia.

IMX 2018

"Salah satunya bekerja sama dengan Indonesia Modification Expo (IMX) untuk mengonversi skuter matik (skutik) bermesin konvensional ke motor listrik," ujar Putu.

Rencananya, skutik listrik custom menjadi salah satu hadiah undian giveaway dalam penyelenggaraan IMX 2020 mendatang. Pameran yang digelar secara online ini akan berlangsung pada 10 Oktober 2020.

Baca Juga: Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 Digelar Secara Virtual, Apa Strateginya?

"Kami beruntung diberi kesempatan, karena dapat menyumbangkan ide dan edukasi kepada masyarakat soal penggarapan skutik listrik, juga ditunjuk sebagai tempat di-launching-nya skuter listrik ini," ujar Project Director IMX Andre Mulyadi.

Kegiatan ini juga akan melibatkan sejumlah modifikator Tanah Air seperti Katros Garage dan Alitt Susanto. Bahkan, Alitt sudah mengunggah proyek konversi di kanal YouTubenya dan memperlihatkan sepeda motor bertenaga listrik dengan bodi kustom.