POPULAR STORIES

Begini Honda Civic Pertama Garapan Spoon Sport

Begini Honda Civic Pertama Garapan Spoon Sport Sumber : Super Street

KabarOto.com – Siapa di sini pecinta Honda sejati? Pastinya kalian pernah mendengar nama Spoon Sport kan. Atau bila kalian melihat di jalan mobil Honda dengan modifikasi dua warna biru dan kuning, kemungkinan pemiliknya terinspirasi dari livery Spoon.

Spoon Sport sendiri merupakan bengkel tuning khusus untuk mobil-mobil Honda. Berbagai part penunjang performa juga dibuat sebut saja seperti spoiler, pelek, big brake kit, suspensi dan masih banyak lagi.

Reputasi di dunia balap juga sudah tidak diragukan lagi. Tapi apa kalian tahu, ternyata Civic garapan Spoon merupakan Civic pertama dalam ajang Japan Touring Car Championship loh. Dinamakan Civic E-AT yang sekarang dipajang di Spoon, Type One di antara mobil legenda seperti Civic FD2R dan Civic EK9.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Spoon Sport

Menggunakan basis Civic tahun 1985 hatchback, atau biasa di Indonesia kita kenal sebagai Civic Wonder SB3. Kalau penampilan tidak ada yang diubah selain warna dual tone kuning dan biru khas Spoon. Lalu dilengkapi keperluan balap layaknya hoodpin, spion EC Works Type A, dan tow hook sebagai standar balap.

Soal kaki-kaki Spoon memasang pelek lansiran Enkei model central lock diameter 15 inci lebar 8 depan dan 6,5 belakang. Berbalut ban Yokohama Vintage ADVAN SS ukuran 205/55 R15. Lalu sistem rem dan suspensi memang belum secanggih sekarang sebab masih memakai kaliper Nissin dengan cakram konstruksi 2pc drilled, sementara suspensi dari Showa.

Baca Juga : Spoon Sports Buat Bumper Honda Civic Type R Makin Keren, Sob!

Untuk penunjang kestabilan ditambahkan juga beberapa part misalnya strut bar, swaybar, lalu rollcage yang berguna melindungi pembalap ketika mobil terbalik, serta panhard rod.

Ubahan pada mesin juga tidak terlalu ekstrem kok, menggunakan mesin ZC kapasitas 1.6 liter DOHC, ditambah penggantian kabel busi NGK, header kustom, straight pipe model megaphone output samping, serta pemanis seperti oil cap, reservoir cover, dan valve cover Spoon. Semua kinerja diatur oleh ECU Keihin, menghasilkan 230 dk pada 9800 rpm. Lantas tenaga itu disalurkan melalui tranmisi close ratio 5 percepatan ke roda depan.

Masuk ke interior juga sudah terondol dan hanya menyisakan sebuah jok bucket seat karbon, dasbor standar, stir Spoon generasi pertama, harness Simpson, dan kill switch. Selain itu sudah dikorbankan semua.

Bagaimana menurut kalian Civic yang telah jadi saksi perjalanan Spoon Sport ini, keren bukan?