POPULAR STORIES

Begini Impresi Duo Rider Pabrikan Yamaha Usai Jajal Mesin Baru M1 Di Tes Misano 2022

Begini Impresi Duo Rider Pabrikan Yamaha Usai Jajal Mesin Baru M1 di Tes Misano 2022 Fabio Quartararo di tes Misano 2022 (foto : MotoGP)

KabarOto.com – Duo pembalap tim pabrikan, Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli ungkap pembaruan usai Tes MotoGP Misano 2022, Rabu (07/09).

Sang pemimpin klasemen MotoGP 2022 itu tentu membutuhkan kecepatan dari YZR-M1. Pasalnya, para rival terutama Aprilia dan Ducati kini semakin maju dan memberikan perlawanan terutama di trek lurus. Usai menjajal mesin baru selama dua hari tes, Quartararo mengungkapkan perubahan yang cukup impresif. Terutama bagian kecepatan maksimal yang lebih baik dari mesin sebelumnya.

Baca juga: Honda Jajal Dua Perangkat Baru Di Tes MotoGP Misano 2022

“Saya senang karena mesin baru ini mengalami perkembangan yang besar. Pada sesi pagi, saya berhasil melakukan slipstream dari Zarco dan top speednya mencapai 298 kpj. Tetapi, jika melihat kecepatan rata-rata, angka tersebut tidak terlalu penting,” ungkap Fabio Quartararo.

Pembalap berjulukan El Diablo itu menambahkan bahwa pembalap Yamaha lainnya juga mengalami peningkatan. Terutama dari catatan waktu lap demi lap. Dirinya mampu mencetak 1:31,116 detik dalam 26 lap. “Saya mampu mencetak waktu seperti itu dalam 26 lap dengan satu jenis ban saja. Lalu, saya mengganti ban dengan yang baru. Namun, setelah GP San Marino, grip benar-benar aneh dalam sesi tes kali ini,” lanjut Quartararo.

Hal serupa juga di ungkapkan oleh rekan setimnya, Franco Morbidelli. Dirinya melakukan uji coba M1 dengan paket aerodinamika dan mesin baru. Menjajal M1 2023 untuk pertama kalinya, Morbidelli melihat hal yang positif dan sesuai dengan target di masa depan.

Baca juga: Resmi! Arab Saudi Siap Menggelar MotoGP

Morbidelli ungkap hal positif soal M1 2023

Selama ini, kekuatan mesin M1 menjadi sorotan utama. Pasalnya, motor pabrikan berlogo garpu tala itu tidak bisa menandingi Ducati terutama di trek lurus. Kedua pembalap pabrikan ini tentu berharap dengan paket aero dan mesin baru bisa tampil lebih kompetitif untuk musim depan.

“Iya, mesin terasa bagus, Yamaha telah meningkatkan bagian mesin dengan baik. Mesin bekerja sangat menyenangkan dan halus ketika rpm rendah. Namun, pada gigi lebih tinggi putaran mesin lebih besar dan berkembang baik dari sisi kecepatan. Tentu, ini paket mesin ini sesuai dengan keinginan saya,” ungkap Franco Morbidelli.