POPULAR STORIES

Begini Impresi Toprak Razgatlioglu Usai Jajal Yamaha YZR-M1

Begini Impresi Toprak Razgatlioglu Usai Jajal Yamaha YZR-M1 Sumber Foto : Monster Energy Yamaha

KabarOto.com – Pembalap PATA Yamaha with Brixx WorldSBK, Toprak Razgatlioglu sukses menjalani untuk menjajal purwarupa Yamaha YZR-M1 dalam sesi tes privat di Aragon, Spanyol, Selasa (21/6).

Pabrikan berlogo garpu tala itu menepati janjinya untuk memberikan kesempatan Toprak untuk menjajal YZR-M1 tahun ini di Sirkuit Motorland Aragon. Kesempatan ini merupakan apresiasi atas kesuksesannya membawa Yamah untuk meraih gelar Juara Dunia World Superbike (WSBK) musim 2021.

Baca juga: Maverick Vinales Gagal Di MotoGP Jerman 2022, Ini Penyebabnya

Hasil tangkapan layar akun Instagram/calcrutchlow

Dirinya telah menyelesaikan 40 lap di Aragon dengan kondisi cuaca sangat terik. Karakteristik sirkuit dan sektor lurus yang panjang di trek tersebut dapat mengeluarkan tenaga maksimal dari M1. Usai dari pengujian ini, pembalap asal Turki itu pun memberikan impresi pertamanya.

“Motor MotoGP Yamaha M1 terasa sangat berbeda dengan R1 saya. Lebih banyak tenaga, paket elektronik, dan girboks yang mulus. Semuanya benar-benar baru bagi saya. Setiap lap, saya belajar lebih banyak, karena usai WSBK tidak mudah beradaptasi dengan mesin MotoGP. Untungnya, ada Cal Crutchlow yang memberikan saran dan membatu saya selama sesi tes ini,” ungkap Toprak Razgatlioglu.

Baca juga: Iker Lecuona Debut Di Suzuka 8 Hours 2022

Sayagnya, pihak Yamaha tidak merilis catatan waktu lap dan motor yang digunakan, apakah spek 2022 atau 2021. Walaupun begitu, Toprak tetap menilai perbedaan-perbedaan yang dirasakan usai menggeber R1 dan M1 di Aragon.

Cal Crutchlow membantu Toprak

Toprak mengatakan bahwa motor terasa nyaman, terutama di sektor lurus yang sangat cepat, dan menarik merasakan rem karbon. Kondisi trek sangat panas, jadi saya membuat run singkat dalam lima atau enam lap untuk mengenal karakteristik motor.

“Secara keseluruhan, itu tes yang positif, walau hujan di sore hari membuat tes ini berasa lebih singkat dan saya tidak bisa melakukan putaran yang lebih banyak. Saya sangat menikmati mengendarai motor MotoGP, jadi terima kasih kepada Yamaha yang sudah memberikan kesempatan,” tutup Toprak.

Usai menajalani tes privat tersebut, Toprak memastikan belum ada rencana untuk hijrah ke MotoGP dalam jangka pendek. Dirinya masih ingin menikmati dan meraih kesuksesan di kelas WSBK terlebih dahulu.