POPULAR STORIES

Begini Jadinya Jika Mobil Seharga Rp2,9 Milyar Disulap Jadi Mobil Reli

Begini Jadinya Jika Mobil Seharga Rp2,9 Milyar Disulap Jadi Mobil Reli Mobil Mewah Rasa Rally (Foto: The Awesomer)

KabarOto.com - Mobil reli biasanya identik dengan mesin 2.000cc, penggerak all-wheel drive dan beberapa manufaktur yang sudah malang melintang di dunia balap off-road seperti Subaru, Mitsubishi, Ford, Skoda, dan lainnya.

Namun produsen mobil mewah asal Inggris, Jaguar bereksperimen dengan satu unit F-Type terbarunya untuk dijadikan sebagai mobil reli. Kehadiran mobil ini tak terindikasi bahwa Jaguar serius terjun di kejuaraan internasional, melainkan sebagai salah satu mahakarya untuk mengenang kembali kejayaan Jaguar di ajang reli.

Sedikit menilik sejarah, di tahun 1950, Jaguar XK120 pernah menjadi salah satu kompetitor di dunia reli yang dikemudikan Ian Appleyard.

Melansir laman Autocar, salah satu resep mengubah mobil jetset ini menjadi mobil reli adalah dengan mengadopsi suspensi kompetisi. Disebutkan dari laman tersebut, setelah dipasang kaki-kaki baru, ground clearance pun bertambah sekitar 40 mm, dan dipersenjatai dengan ban berukuran 16 inci yang dibungkus ban reli.

Baca Juga: Profil Jaguar F-Type

Sekadar info, pendahulunya yakni Jaguar XK120 berhasil memenangkan beberapa reli seperti RAC Rally dan Alpine Rally, yang merupakan ajang reli prestisius.

Tepat tahun ini, Jaguar pun merayakan hari jadi XK120 yang ke-70 dengan kembali membangun mobil reli dengan mengambil basis dari F-Type terbaru. Selain suspensi, ada banyak perubahan yang dibenamkan pada mobil berkapasitas dua orang ini.

Sektor lain yang mendapatkan sentuhan baru antara lain penggunaan rem kompetisi, panel pintu carbon fiber, kursi racing dan harness, interkom, rem tangan hidrolik serta penambahan peranti, berupa lampu depan yang memang mencirikan mobil reli. Sementara itu, tenaga mesin turbo 4 silindernya menghasilkan tenaga 300 dk.

Selain itu, dari sisi transmisi pun mobil ini tetap mengadopsi jenis otomatis 8 percepatan, hanya saja mobil ini telah melakukan sedikit modifikasi dengan membuka diferensialnya. Setiap alat bantu elektronik dalam mobil ini, telah dinonaktifkan, guna memberikan handling yang lebih baik saat dites di atas permukaan aspal berkerikil.

Baca juga: Jaguar Land Rover Bikin Motor Listrik Bernama Vektor

POPULAR STORIES

HOT