POPULAR STORIES

Begini Kelebihan Sistem Direct4 Lexus RZ 450e

Begini Kelebihan Sistem Direct4 Lexus RZ 450e Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Lexus RZ 450e telah dibekali sistem penggerak all wheel drive yang dinamakan Direct4. Sebuah sistem penggerak di mana mengambil inspirasi dari seekor Cheetah.

"Sama seperti Cheetah, Driving System Direct4 dibangun dibangun agar menjaga postur kendaraan, sehingga pengemudi punya jarak pandang stabil dalam kondisi apapun," ujar Bansar Maduma selaku General Manager Lexus Indonesia.

Sistem penggerak ini punya kelebihan ketimbang penggerak roda depan. Di jelaskan, ketika kita melakukan akselerasi secara instan, maka bagian depan mobil akan terangkat, dan ini jelas mengurangi kenyamanan terhadap pengemudi maupun penumpang di belakang.

Baca Juga : Baterai Lexus RZ Bisa Lebih Awet Karena Ini

Begitu juga saat deselerasi atau pengereman secara mendadak, atau pada kecepatan tinggi ke rendah. Maka mobil akan condong ke bagian depan, sehingga pengemudi dan penumpang belakang bisa terpental ke depan.

Ilustrasi saat akselerasi, mobil akan mendongak pada mobil FWD.

Namun dengan Direct4, hal tersebut diminimalisir. Karena distribusi penggerak, dan pengereman dibagi ke empat roda secara rata. Sehingga saat mobil akselerasi dan deselerasi secara instan, mobil tetap stabil pada posisinya, kalaupun ada pergerakkan, itu tidak akan mengganggu visibilitas pengemudi ke jalan.

Baca Juga : Perbandingan All New Toyota Agya GR Sport Dan All Daihatsu Ayla R ADS, Beda Hampir Rp70 Jutaan

Selain itu saat mobil melaju juga jadi lebih stabil, apalagi ketika digunakan saat bermanuver pada kecepatan tinggi. Membuat mobil lebih mudah dikendarai bagi pengemudi, sekaligus memberikan rasa nyaman kepada penumpang.

Saat pengereman atau hard breaking, mobil contoh kedepan.

"Direct4 memiliki instant power delivery secara otomatis mampu mendistribusikan tenaga yang dibutuhkan roda depan, dan belakang sesuai kebutuhan pengemudi. Sehingga saat akseslerasi, Direct4 akan menjaga postur tetap lurus tidak mendongak, dan memberikan postur nyaman bagi pengemudi. Begitu juga pada saat pengereman atau deselerasi,” jelas Bansar.