POPULAR STORIES

Begini Kondisi Keuangan Porsche Global

Begini Kondisi Keuangan Porsche Global Begini Kondisi Keuangan Porsche Global (Porsche)

KabarOto.com - Porsche mengumumkan perkembangan bisnis yang positif dalam 6 bulan pertama tahun 2023. Produsen mobil sport tersebut mencatat pertumbuhan yang signifikan, dalam pendapatan penjualan Grup serta laba operasional Grup.

Pendapatan penjualan meningkat sebesar 14 persen menjadi 20,43 miliar euro. Laba operasional naik sebesar 10,7 persen menjadi 3,85 miliar euro. Tingkat pengembalian operasional Grup mencapai 18,9 persen pada akhir enam bulan pertama, berada di kisaran atas koridor target 17 hingga 19 persen.

Baca Juga: Porsche 718 Cayman GT4 RS Upgrade Performa, Lebih Cepat 6 Detik

Arus kas bersih otomotif sedikit menurun menjadi 2,22 miliar euro (tahun sebelumnya 2,39 miliar euro) karena investasi yang luas pada produk dan inovasi. Dikarenakan adanya aktivitas investasi yang tinggi dalam operasi berjalan dan persediaan sementara yang lebih tinggi, margin arus kas bersih untuk segmen otomotif mencapai 11,7 persen (tahun sebelumnya 14,5 persen)

Pengiriman kepada pelanggan meningkat sebesar 14,7 persen menjadi 167.354 mobil dalam enam bulan pertama tahun 2023.

Chairman of the Executive Board Oliver Blume, mengaku optimis mengenai hasil setengah tahun, "Sekali lagi, kami telah mencatat angka-angka yang sukses sambil melakukan investasi secara luas untuk masa depan kami. Ini menunjukkan komitmen tanpa kompromi kami terhadap strategi kami."

Kondisi ekonomi global tetap tegang. Upaya untuk mengamankan rantai pasokan dan ketersediaan suku cadang, kenaikan biaya secara umum, dan berbagai ketegangan geopolitik diakui terus menjadi tantangan bagi Porsche AG.

Tetapi, Porsche mengkonfirmasi perkiraan untuk seluruh tahun 2023, dengan catatan situasi ekonomi global dan rantai pasokan tidak memburuk secara signifikan.

Baca Juga: Penantian Porsche Incar Gelar Juara Dunia Di Balap Pamungkas Formula E London

Pada akhir tahun 2023, Porsche mengharapkan tingkat pengembalian operasional Grup dalam kisaran 17 hingga 19 persen. Perkiraan ini mencakup pendapatan penjualan Grup yang diasumsikan berada dalam kisaran 40 hingga 42 miliar euro.

Divisi layanan keuangan Porsche, Porsche Financial Services (PFS), melanjutkan pertumbuhannya yang stabil dalam enam bulan pertama tahun ini, pendapatan penjualan meningkat menjadi 1,65 miliar euro (tahun sebelumnya 1,62 miliar euro).

Laba operasional PFS menurun menjadi 147 juta euro (tahun sebelumnya 216 juta euro). Penurunan ini klaimnya sebagian besar disebabkan oleh pengukuran lindung nilai suku bunga serta pengeluaran yang lebih rendah dalam area penyisihan kerugian pinjaman.