POPULAR STORIES

Begini Pengetesan Mesin Bentley Bacalar

Begini Pengetesan Mesin Bentley Bacalar

KabarOto.com – Para pemesan Bentley Bacalar nampaknya sudah tidak sabar menunggu mobil mereka selesai dibuat. Hanya ada 12 orang kaya beruntung mendapatkan Bentley Bacalar. Namun satu dari keseluruhan sudah selesai dibuat menggunakan atap terbuka. Tetapi sebelum jadi sebuah mobil utuh, tentu karya seni pada mobil ini ada pada mesin W12 buatan tangan para teknisi andal.

Bentley membeberkan bahwa mesin W12 pertama untuk Bacalar dibuat di Crewe, Inggris, serta sudah menyelesaikan pengujian tiga tahap di pabrikan Inggris. Menurut pembuat mobil, W12 adalah mesin 12 silinder paling canggih dalam sejarah.

Baca juga: Bentley Continental GT Tembus Produksi 80.000 Unit

Seperti yang harus Anda ketahui sekarang, evolusi terbaru dari mesin W12 twin-turbo berkapasitas 6.000 cc, menghasilkan tenaga besar sekitar 650 dk dan torsi maksimum 900 Nm. Dibandingkan dengan Bentley W12 pertama lansiran 2003, versi terbaru yang pertama kali diperkenalkan pada saat SUV Bentayga 2016 ini memiliki peningkatan tenaga hingga 27%, torsi sebesar 38%, dan pengurangan emisi hingga 28%.

Bentley menerapkan setiap mesin W12 ke pengujian ketat yang dapat dikategorikan ke dalam tiga kategori. Tes pertama adalah untuk kebocoran, memeriksa apakah ada kesalahan pada sistem bahan bakar, air dan pelumas yang tertutup.

Baca juga: Langkah Pertama Bentley Memasuki Era Kendaraan Listrik

Tahap kedua adalah yang paling maju dan disebut Cold Test. Pada tahap ini, Bentley mengukur 600 komponen dan karakteristik mesin selama siklus dijalankan selama 15 menit. Ini dilakukan pada kecepatan rendah, sekitar 120 rpm, memastikan detail kehalusan dan mengidentifikasi apabila ada ketidakkonsistenan.

Tes ketiga dan terakhir disebut Hot Test , yang dilakukan adalah memeriksa setelah perakitan mesin selesai. Kelengkapan komponen terpasang, kemudian mensimulasikan penggunaan Bacalar di keadaan jalan asli.

Setiap mesin W12 kemudian diuji selama minimal 21 setengah menit dan berjalan hingga 3.800 rpm Sebagai catatan, lebih dari 100.000 mesin W12 telah dibuat dengan tangan di Crewe sejak 2002, dengan masing-masing motor melalui tangan 45 pengrajin selama 6,5 jam produksi per mesinnya.