POPULAR STORIES

Begini 'PR' Dari Kementerian Perindustrian Untuk Asosiasi Modifikator Indonesia

Begini 'PR' dari Kementerian Perindustrian untuk Asosiasi Modifikator Indonesia Begini 'PR' dari Kementerian Perindustrian untuk Asosiasi Modifikator Indonesia (Foto:IMX/NMAA)

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) bersama Saber Industries dalam memperkenalkan budaya Indonesia dengan membawa Mitsubishi Evolution IX bernuansa batik di Jepang.

Pihaknya pun berharap agar NMAA sebagai asosiasi industri modifikasi, dapat menjadi sebuah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk jasa industri modifikasi kendaraan bermotor, dan menjadi wadah bagi pelaku usaha bengkel konversi kendaraan listrik untuk mendukung program Indonesia Bersih melalui penggunaan kendaraan listrik.

“Seperti yang sebelumnya disampaikan oleh Bapak Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, bahwa kami juga memberikan tantangan kepada para modifikator untuk mendukung terciptanya kendaraan yang rendah emisi atau berbasis electric vehicle. Hal ini menjadi wujud nyata dalam mengakselerasi penurunan emisi gas rumah kaca,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier.

Baca Juga: Kemenperin: Otomotif Nasional Sudah Mampu Penuhi Standarisasi Global

Sasaran tersebut, perlu dikampanyekan para modifikator lokal di ajang tingkat internasional, misalnya melalui gelaran OAM 2024. Pameran bergengsi ini senantiasa menjadi platform menampilkan karya para pegiat modifikasi dan aftermarket Indonesia sejak tahun 2018.

Founder NMAA Andre Mulyadi mengemukakan bahwa upaya membawa produk aftermarket lokal di OAM 2024 merupakan gagasan NMAA yang ingin terus memperkuat kolaborasi dengan mitra strategis industri modifikasi Jepang.

“Di OAM 2024, para pegiat industri modifikasi Indonesia dan Jepang akan saling membuka peluang kerja sama. Terutama mengenai akselerasi industri modifikasi dan aftermarket karya kedua negara. Hubungan baik para pegiat industri modifkasi dari dua negara ini akan menyambut berbagai tantangan ke depan, termasuk berbagi ilmu, pengalaman, hingga mencari peluang bisnis,” jelas Andre yang juga sebagai Project Director Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX).

Baca Juga: Kemenperin Apresiasi Positif Mitsubishi Evolution Batik Indonesia Ramaikan Osaka Auto Messe

Mengusung tema kampanye Saber Great of Indonesia di OAM 2024, partisipasi ini sekaligus menjadi penanda dimulainya Road to Series IMX 2024 bertajuk ‘Road to The World’ yang pertama. Nantinya, akan berlanjut ke gelaran pre-event lain di berbagai kota hingga puncak acara “Big Bang” yang bakal dilaksanakan pada 4-6 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Tahun ini, menjadi kali kelima NMAA berpartisipasi di OAM 2024, dengan membawa brand aftermarket lokal untuk menampilkan kreasi produknya. “Melalui Saber Great of Indonesia, kami membawa ragam produk aftermarket seperti hasil Custom Painting besutan FreeFlow Kustom, produk lampu aftermarket Saber Industries, premium car WetShine, serta pelek turbo disc aftermarket kolaborasi Turbo Bastard Wheel dan FreeFlow Kustom,” ucap CEO Saber Industries, Vincent.

Selain itu, booth OAM 2024 turut menampilkan mobil modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution IX MR besutan car builder Saber Industries. Selama tampil di OAM 2024, Lancer Evo IX MR dibekali sejumlah penyempurnaan.