POPULAR STORIES

Kemenperin Apresiasi Positif Mitsubishi Evolution Batik Indonesia Ramaikan Osaka Auto Messe

Kemenperin Apresiasi Positif Mitsubishi Evolution Batik Indonesia Ramaikan Osaka Auto Messe Kemenperin Apresiasi Positif Mitsubishi Evolution Batik Indonesia yang Unjuk Gigi di Jepang (Kemenperin)

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan apresiasi terhadap capaian National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang turut serta meramaikan pameran modifikasi Osaka Auto Messe (OAM) di Jepang pada 10-12 Februari 2024.

Selain menunjukkan kreativitas dan inovasi karya anak bangsa, partisipasi dari para pelaku industri modifikasi lokal di kancah internasional ini dinilai membawa misi untuk memperkenalkan budaya Indonesia.

“Saya sangat optimistis, tujuan para modifikator Indonesia tampil di ajang bergengsi tersebut, akan ikut berperan penting dalam mengakselerasi pertumbuhan industri otomotif berbasis modifikasi di tanah air,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Minggu (11/02).

Lebih lanjut, menurutnya, sektor industri modifikasi otomotif yang semakin marak saat ini telah memberikan nilai tambah dan efek berganda terhadap berkembangnya industri komponen kendaraan aftermarket di dalam negeri, utamanya yang berskala industri kecil dan menengah (IKM).

Baca Juga: Unjuk Gigi Di Jepang, Intip Spesifikasi Mitsubishi Evolution Batik Indonesia

“Dengan perkembangan industri otomotif berbasis modifikasi ini juga berdampak pada meningkatnya penjualan kendaraan secara nasional. Apalagi, industri modifikasi merupakan sektor yang terbukti mampu membuka lapangan kerja cukup banyak sehingga tentunya dapat menggairahkan perekonomian nasional,” paparnya.

Dalam mendukung pengembangan industri modifikasi di tanah air, Kemenperin telah menginisiasi terbitnya Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Industri Kendaraan Modifikasi dan telah disusun Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Industri Modifikasi.

“Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kompetensi SDM industri modifikasi yang kompeten, baik aspek pengetahuan, keterampilan dan keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan tugasnya,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier.

Mengusung tema kampanye Saber Great of Indonesia di OAM 2024, partisipasi ini sekaligus menjadi penanda dimulainya Road to Series IMX 2024 bertajuk ‘Road to The World’ yang pertama. Nantinya, akan berlanjut ke gelaran pre-event lain di berbagai kota hingga puncak acara “Big Bang” yang bakal dilaksanakan pada 4-6 Oktober 2024 di ICE BSD, Tangerang.

Baca Juga: Mitsubishi Evolution Batik Indonesia Tiba Di Jepang

Booth OAM 2024 turut menampilkan mobil modifikasi Mitsubishi Lancer Evolution IX MR besutan car builder Saber Industries. Selama tampil di OAM 2024, Lancer Evo IX MR dibekali sejumlah penyempurnaan di semua sektor.

Terutama di bagian bodi, generasi ke-9 sedan sport Lancer Evo tersebut mendapat imbuhan grafis visual dari seniman Kustom Paint, Free Flow. Grafis bertema "Colorful Indonesia" ini menghadirkan desain batik Hokokai yang diaplikasi melalui teknik hand painting dan canting batik.