Begini Proses Cat Warna Two Tone BMW Seri 7

Begini Proses Cat Warna Two Tone BMW Seri 7 Dok : @BMW

KabarOto.com – BMW Seri 7 G70 punya varian warna unik, mirip seperti Maybach di Mercedes-Benz, BMW turut sediakan opsional warna two tone yang tampak lebih elegan.

Namun ternyata proses pewarnaannya tidak mudah. Ada beberapa tahap harus dilewati mobil ini, hingga jadi sempurna dan siap dikirim ke konsumen. Setidaknya banderol tambahan yang ditawarkan BMW sekitar US$ 12.000 atau setara Rp 170 jutaan.

Baca juga: Profil BMW M6 E24 1987, Kabarnya Hanya 1 Di Indonesia

Proses membuat garis di bodi.

Untuk penerapan satu warna biasanya dilakukan mesin otomatis, namun untuk 2 warna harus ada proses manual, sehingga waktu diperlukan lebih lama sekitar 10 jam lebih demi merampungkan sebuah Seri 7 Two Tone.

"Cat dua warna, warna primer awalnya diterapkan dalam proses produksi standar skala besar yang sepenuhnya otomatis. Proses kustom di mana bodi samping ditutup secara manual, serta garis di sisi bodi diukur dengan tangan, dan pengecatannya secara manual,” ungkap Bernd Gress, Kepala Teknologi Bodi dan Cat Dingolfing.

Baca juga: Viral, Cat Hyundai Ioniq 5 Terkelupas Karena Lakban

Setelah proses selesai, seluruh bodi akan langsung dipernis. Sehingga para pelanggan nantinya tidak akan bisa merasakan adanya sambungan antara cat pertama dan kedua.

Mobil kolaborasi Jeff Koons.

Salah satu tantangan terbesar menurut Gress adalah proses masking manual yang memakan waktu, dan rumit dengan akurasi dan mengulang proses untuk memberikan hasil detil. Bagi Gress proses paling rumut itu seperti BMW 8 Series x Jeff Koons, karena memiliki banyak perpaduan warna dan grafik.