POPULAR STORIES

Begini Rasanya Kendarai Chery Tiggo 5X Champion Di PIK 2

Begini Rasanya Kendarai Chery Tiggo 5X Champion di PIK 2 Chery Tiggo 5X desainnya sporty dan terlihat elegan (Foto-foto: KabarOto)

KabarOto.com - Akhir pekan lalu, KabarOto bersama media otomotif nasional diberi kesempatan menjajal singkat Chery Tiggo 5X di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang. Chery Tiggo 5X memiliki panjang 4.318 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.670 mm, jarak sumbu rodanya 2.630 mm.

Desain eksterior-nya sporty dan elegan, seluruh pencahayaan sudah menggunakan LED, electric sunroof, roof rail, kaca spion electric. di kaki-kaki menempel pelek 16 inci dengan ban 215/65 R16.

Baca Juga: Chery Siap Gebrak Pasar Indonesia, Luncurkan Mobil 7 Penumpang

Pencahayaan sudah menggunakan LED

Kebetulan, tipe yang kami gunakan adalah varian menengah, yaitu Champion, di bawahnya ada Classic dan tertinggi Turbo. Namun Turbo belum dibawa oleh CSI, karena kebutuhan konsumen untuk model itu belum ada.

Mobil ini sudah menyematkan fitur ADAS dan enam airbag. Pada area kabin terdapat layar sentuh 10,25 inci untuk akses hiburan dan informasi. Ada lampu ambient multicolor yang dapat disesuaikan untuk mengatur suasana kabin.

Compact SUV ini sudah dibekali sunroof electric agar dapat leluasa menikmati pemandangan di luar. KabarOto dan beberapa teman yang berada di kabin membukanya menggunakan tuas yang ada di lampu kabin. Menikmati sore hari di kawasan PIK begitu menyenangkan.

Mobil ini sudah menyematkan fitur ADAS dan enam airbag

Oiya, sama dengan model lainnya, Chery Tiggo 5X ini juga sudah dibekali fitur berteknologi modern, Intelligent Voice Assistant. Dapat mengoperasikan beberapa bagian mobil, seperti membuka kaca jendela, menyalakan AC, membuka sunroof, memutar music dan masih banyak lagi lainnya.

Saat melakukan perjalanan, saya tidak perlu khawatir akan kendaraan lain dari samping atau belakang, ketika ingin berbelok atau berada di kemacetan. Karena terdapat kamera 360 derajat untuk meliht situasi sekitar.

Mengakomodir bawaan penumpang, terdapat 32 tempat penyimpanan, ada di pintu kanan dan kiri depan juga belakang. Di baris kedua, terdapat ruang penyimpanan untuk meletakkan botol, tinggal diturunkan di bagian tengah jok, kemudian dinaikkan lagi jika tidak digunakan.

Tempat menyimpan gelas atau botol minuman di bangku belakang

Mobil yang mampu menampung lima penumpang ini, baris keduanya cukup lapang, untuk saya dengan tinggi 175 cm kaki tidak menekuk dan menempel di kursi depan. Jok dilapisi bahan semi kulit membuat nyaman dan mewah.

Nah, saat menjajal performa mesin, di kawasan PIK yang jalannya mulus dan lebar, cukup rssponsif, dibekali mesin Naturally Aspirated (NA) berkapasitas 1.500 cc, menghasilkan tenaga 112 dk dan torsi maksimum 138 Nm. Sayangnya, hanya mampu mencapai 100 kpj saja.

Menggendong mesin Naturally Aspirated (NA) berkapasitas 1.500 cc

Namun, saat berada di putaran bawah, mesin agak delay satu sampai dua detik, baru bisa mengeluarkan tenaga untuk melaju maksimal. Ini saya rasakan saat menekan pedal gas, posisi mobil dari berhenti. Namun, secara keseluruhan mesin ini cukup mumpuni untuk perjalanan di perkotaan atau dibawa ke luar kota.

Baca Juga: Pemesanan Chery Tiggo 5X Sudah Dibuka, Mei 2024 Dikirim ke Konsumen

Demikian kencan singkat dengan Chery Tiggo 5X, karena waktu dibatasi, sehingga kami tidak bisa leluasa untuk membedah secara lengkap. Namun, KabarOto akan membahas secara detail mobil jagoan Chery Sales Indonesia, yang akan bersaing dengan Wuling Alvez, Honda WR-V, Hyundai Creta dan lainnya.

Untuk harga, Chery Tiggo 5X varian Classic dibanderol Rp 269 juta, sedangkan untuk varian Champion Rp 299 juta.