POPULAR STORIES

Begini Rasanya Menggeber Chery OMODA 5 RZ Dari Jakarta Ke Bandung

Begini Rasanya Menggeber Chery OMODA 5 RZ dari Jakarta ke Bandung Menggunakan Chery OMODA 5 RZ melintasi terowoongan tol Cisumdawu (Foto: CSI)

KabarOto.com - Chery Sales Indonesia mengikuti GIIAS Bandung 2023. KabarOto.com diberi kesempatan untuk mengendarai Chery OMODA 5 RZ, dan menghadiri pameran yang baru pertama kali berlangsung di wilayah Jawa Barat.

Peerjalanan dimulai dari Jakarta Selatan, tepatnya Cilandak Town Square, melintasi tol JORR-MBZ-Cipularang dan tiba di Braga, Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Pesan Chery OMODA 5 GT Sekarang, Per 5 Desember Harganya Naik Rp 5 Juta

Bahkan kami pun mencoba rute tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), memiliki kontur jalanan cukup menantang, karena bergelombang di beberapa bagian. Total perjalanan sekitar 240 KM.

Melintasi tol Cisumdawu dengan kontur pegunungan (Foto: CSI)

Fitur yang dicoba T1X Modern yang ada di OMODA 5 akan menjadi salah satu unggulan, membuat perjalanan di medan berkontur ini menjadi stabil dan aman.

Handling cukup baik, terasa lebih rigid saat mobil melintasi jalan bergelombang dan menikung, di kecepatan 80 kpj. Didukung suspensi MacPherson dan Twist Beam Independent.

Selain suspensi, OMODA 5 juga dilengkapi dengan sistem pengereman teknologi ABS, EBD, dan BA, berhenti dengan aman saat pengereman mendadak.

Sementara teknologi EBD, menjaga keseimbangan saat pengereman, dan teknologi BA membantu memberikan pengereman lebih kuat saat pedal rem diinjak secara tiba-tiba.

Perangkat keamanan tersebut mendukung performa mesin berkapasitas 1.500 cc turbo, menghasilkan tenaga maksimal 155 dk pada 5.500 rpm dan torsi 230 Nm di 1.750-4.000 rpm, yang disalurkan melalui transmisi CVT 9 percepatan virtual ke penggerak roda depan.

KabarOto pun menekan pedal gas, akselerasi putaran tenaga bawah sangat responsif. Putaran tengah juga terus memberikan tenaga maksimal, namun perpindahan gigi terasa halus tanpa ada hentakan. Untuk mencapai kecepatan 100 kpj dalam waktu singkat sangat mudah. Kecepatan maksimal yang didapat 160 kpj, itu pun masih bisa lebih.

Saat berada pada kecepatan di atas 130 kpj, lampu peringatan di panel meter akan menyala, berwarna merah sebagai tanda bahwa laju kendaraan sudah melewati batas.

Mengaktifkan beberapa fitur menggunakan layar sentuh 20,5 iinci (Foto: KabarOto)

Selama perjalanan, disuguhkan dengan hiburan, musik yang kami putar selama perjalanan menggilangkan bosan. Hanya tinggal menyentuh layar berukuran 20,5 inci. Navigasi, telepon pun bisa terhubung melalui android auto.

Berbagai fitur dapat disetting melalui layar ini, seperti menyalakan dan menghidupkan peringatan saat melewati garis di jalan tol. Membuat pengemudi saat mengantuk bisa fokus kembali untuk menyetir.

Sistem audio premium dari SONY membuat suara yang keluar begitu jernih, seperti berada di dalam studio bioskop. Kursi berlubang dengan ventilasi, mengemudi terasa nyaman, tidak gerah.

Belum lagi kamera 360 derajat membantu pengemudi bisa melihat keadaan di sekitar mobil, yang tidak bisa terlihat dari spion, saat berada di kemacetan. Nah, sunroof pun bisa di buka melalui perintah suara, sehingga saat berada di wilayah pegunungan daerah Sumedang, memberi udara segar tanpa polusi di area kabin.

Ingin rasanya mengendarai mobil ini lebih jauh, mengeksplore fitur-fitur lainnya. Namun sayang, Chery Sales Indonesia hanya memberi kesempatan kepada kami mengendarai mobil dari Jakarta sampai Bandung saja.

Baca Juga: Chery Omoda 5 GT FWD Dan AWD Resmi Diperkenalkan, Harga Mulai Rp 448 Juta

Secara keseluruhan, mobil ini sangat layak digunakan di berbagai kondisi jalan, seperti berbatuan, aspal, bergelombang, dan juga beton. Melaju di tikungan saat berada di kecepatan 60 kpj pun, tak ada rasa khawatir bagi kami. Suspensinya memberi kenyamanan dan remnya menjamin keamanan.