POPULAR STORIES

Begini Rasanya Pakai Ban Corsa Platinum M5 Di Yamaha Nmax

Begini Rasanya Pakai Ban Corsa Platinum M5 di Yamaha Nmax

KabarOto.com - PT Multistrada Arah Sarana Tbk selaku produsen resmi ban Corsa di Indonesia, pada 2018 lalu telah memperkenalkan ban Corsa Platinum M5 yang diperuntukan untuk motor Yamaha Nmax.

Ban Corsa Platinum M5 lahir karena pangsa pasar motor skutik kelas 150 cc cukup menjanjikan, mampu merebut pangsa pasar motor sport. Khususnya Yamaha Nmax, yang pada tahun lalu saja berhasil mengukir angka penjualan 261.542 unit. Angka ini berdasarkan data Asosisi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada bulan September 2018 lalu.

Baca juga: JMC Touring Lagi, Kali Ini Sambil Jajal Ban Corsa M5

Ban Corsa Platinum M5 cocok untuk penggunaan sehari-hari di motor Yamaha Nmax

PT Multistrada Arah Sarana Tbk membuat dua produk Corsa, yaitu reguler dan premium. Nah, untuk Corsa premium diberi nama Platinum. Pada akhir tahun kemarin, diperkenalkan dua produk baru Corsa yaitu Cross-S dan M5. Produk terakhir yang diberi nama M5 ini dibuat untuk motor dengan ring pelek 13" dan 12".

KabarOto berkesempatan mencoba ban Corsa Platinum M5 pada Yamaha Nmax. Ban ini memiliki teknologi yang diberi nama Ecosave.

Corsa Platinum M5 memiliki pola kembang ban yang sporty dan terlihat seperti ban semi slick. Alasan pemilihan pola kembang tersebut karena akan memiliki daya cengkram yang baik pada kondisi jalan kering maupun basah, juga karena ban memiliki alur yang lebih sedikit.

Ban ini juga punya pola telapak yang berbeda arah baik ban depan maupun belakang, pola telapak yang berlawanan arah dengan putaran roda.

Pola berbeda ini ada tujuannya, untuk ban depan dengan profil telapak V berfungsi untuk membelah air saat di trek basah atau hujan, sedangkan ban belakang dengan profil round lebih ke daya cengkram dan menahan beban, karena beban terberat motor Nmax itu ada dibelakang.

Ini terbukti ketika KabarOto melakukan manuver di tikungan daerah Cikidang menuju pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, motor tetap stabil melahap tikungan dan jalan berkelok-kelok.

Baca juga: Michelin Akuisisi 80% Saham Corsa dan Achilles

Memiliki pola telapak ban yang berbeda antara ban depan dan belakang

Ban Corsa Platinum M5 juga menggendong teknologi yang namanya rimguard, teknologi ini berada pada bagian samping ban. Jadi tujuannya, ketika ban dipasang di pelek, akan menutupi bibir pelek, ketika terjadi benturan maka tidak akan langsung ke pelek. Teknologi ini sebenarnya sudah diterapkan di ban motor besar atau sport, penerapan teknologi ini di ban Corsa Platinum M5 bertujuan untuk melindungi pelek.

Ban menggunakan silica compound, dengan alasan memberikan daya cengkram yang lebih baik saat jalan kering maupun basah ketimbang ban yang tidak menggunakan kandungan ini.

Penggunaan silica compound juga membuat ban terasa empuk dan ringan, handling terasa cukup nyaman saat diajak bermanuver.

Perjalanan dengan rute dari kota Bogor menuju pantai Pelabuhan Ratu melalui medan jalan yang berbeda-beda, ban Corsa Platinum M5 membuktikan kinerjanya. Seperti yang dijabarkan diatas, rute KabarOto lalui saat pagi hingga siang hari dengan kondisi jalan kering. Yamaha Nmax yang digunakan memiliki ukuran pelek 13", dengan ukuran ban depan 120/70 dan belakang 140/70, terasa nikmat menemani perjalanan touring KabarOto kali ini.

Berikut ukuran dan harga ban Corsa Platinum M5

110/70-13 (Depan)

Rp 270.000

120/70-13 (Depan)

Rp 325.000

130/70-13 (Belakang)

Rp 350.000

140/70-13 (Belakang)

Rp 390.000

150/70-13 (Belakang)

Rp 420.000