POPULAR STORIES

Begini Reaksi Pembalap Ducati Usai Uji Coba Fairing Baru Di Tes MotoGP Catalunya 2022

Begini Reaksi Pembalap Ducati Usai Uji Coba Fairing Baru di Tes MotoGP Catalunya 2022 Sumber Foto : Dorna Sports

KabarOto.com – Usai GP Catalunya 2022, tim Ducati melakukan tes untuk menguji fairing baru di Sirkuit Catalunya, Spanyol, Senin kemarin (06/06).

Setelah Aprilia, Ducati juga melakukan evolusi aerodinamika pada sesi tes di Barcelona. Terlihat pabrikan Borgo Panigale itu juga melakukan ubahan bagian fairing. Namun, inovasi yang dilakukan tidak seperti Aprilia yang terlalu radikal.

Ducati Desmosedici GP22 yang di tes mendapatkan sedikit ubahan di fairing dengan bentuk depan yang lebih runcing dan sayap sedikit berbeda dengan cekungan di bagian atas.

Baca juga: Aprilia Uji Coba Perangkat Baru Di Tes MotoGP Catalunya

Selama sesi tes, duet pembalap tim pabrikan, Francesco Bagnaia dan Jack Miller serta andalan skuad satelit Enea Bastianini (Gresini Racing) dan Luca Marini (Mooney VR46) menjajal fairing baru ini di Catalunya. Setelah tes selama satu hari tersebut, para pembalap Ducati mengungkapkan performa Desmosedici GP ubahan tersebut.

“Impresi saya dengan fairing baru ini sangat bagus. Meskipun tentu saja ada plus minusnya. Lengan saya jadi mendapatkan udara lebih banyak tetapi saat masuk ke tikungan motor terasa lebih baik. Berbeda dengan fairing lama yang lebih besar, tubuh saya hanya menahan udara sedikit. Tetapi mengorbankan kecepatan saat tikungan. Mungkin fairing baru ini bisa menjadi solusi di beberapa sirkuit,” ungkap Jack Miller.

Sama dengan Miller, duo pembalap satelit memberikan respon yang positif. Adapun, Marini yang melakukan tes set-up seperti Miller.

Baca juga: Mulai MotoGP 2023, Jenis Kompon Ban Belakang Akan Dikurangi

Tampilan samping

“Saya sangat puas dengan hasil tes. Mungkin kami menemukan beberapa solusi. Program utama kami di tes ini adalah menguji set-up dan fairing baru. Dengan fairing baru ini menjadi lebih baik saat masuk tikungan. Sementara, di trek lurus kami bisa menambah kecepatan 1 kpj. Tetapi, untuk pastinya kami harus mengecek data terlebih dahulu," ujar Marini.

Dikabarkan, jika hasil tes ini mendapatkan hasil positif nantinya fairing baru ini akan digunakan usai jeda musim panas. Tepatnya pada GP Inggris di Sirkuit Silverstone 7 Agustus mendatang.