POPULAR STORIES

Mulai MotoGP 2023, Jenis Kompon Ban Belakang Akan Dikurangi

Mulai MotoGP 2023, Jenis Kompon Ban Belakang Akan Dikurangi SUmber Foto : Michelin Motorsport

KabarOto.com – Mulai musim depan, pemasok ban utama, Michelin hanya akan membawa dua jenis kompon belakang untuk kelas MotoGP.

Keputusan ini dibuat usai pertemuan virtual yang dihadiri oleh Carmelo Ezpelat (Ketua Dorna Sports), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Biense Bierma (MSMA), yang dibantu oleh Carlos Ezpeleta (Dorna), Mike Trimby (IRTA, sekretaris pertemuan), dan, Corrado Cecchinelli (Direktur Teknologi).

Baca juga : Aprilia Uji Coba Perangkat Baru Di Tes MotoGP Catalunya

Hasil pertemuan tersebut memunculkan aturan tentang alokasi ban kelas MotoGP untuk musim 2023. Para pembalap masih bisa menggunakan jumlah ban yang sama seperti ini (12 per akhir pekan). Namun, akan ada pengurangan jenis kompon ban dengan tujuan mengurangi jumlah ban yang diproduksi dan dikirim Michelin tetapi tidak jadi dipakai.

Saat ini, pabrikan ban asal Prancis itu menyediakan tiga pilihan ban belakang untuk setiap balapan dengan 12 ban belakang yang termasuk enam kompon lunak (soft), empat medium, dan tiga keras (hard).

Baca juga: Usai Insiden MotoGP Catalunya 2022, Suzuki Layangkan Protes

Mulai musim 2023, pihak Michelin akan memutuskan dua jenis ban apa yang harus dibawa di setiap seri balapannya. Adapun dengan keputusan Komisi Grand Prix yang menetapkan alokasi ban belakang yang terdiri dari tujuh komponen soft + lima medium, tujuh medium + lima hard, dan tujuh soft + lima hard.

Dengan aturan baru ini, setiap tim harus memilih ban botak (slick) belakang dengan kombinasi kompon yang sudah ditentukan oleh pihak Komisi.