Begini Tampilan Rompi Airbag Yang Dipakai Untuk Ajang Reli Dakar 2021

Begini Tampilan Rompi Airbag Yang Dipakai Untuk Ajang Reli Dakar 2021 Sumber Foto : Helite

KabarOto.com – Keselamatan pereli menjadi prioritas utama bagi penyelenggara ajang Reli Dakar. Hal ini penting diterapkan di musim 2021 melalui penambahan regulasi termasuk penggunaan rompi airbag untuk kelas motor dan quad-bike.

Melihat dari ajang Dakar 2019 yang merenggut dua nyawa Paulo Goncalves dan Edwin Straves, tentunya pihak penyelenggara harus meningkatkan kondisi keselamatan agar tidak terjadi lagi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Fisik Dan Emosi Dipermainkan Di Dakar

Oleh karena itu, pihak penyelenggara menemukan solusi untuk kelas motor dan quad-bike diharuskan memakai rompi khusus. Rompi ini dilengkapi airbag yang bisa meningkatkan keselamatan pereli ketika mengalami kecelakaan.

Airbag ketika mengembang (kanan)

Teknologi ini mirip dengan wearpack para pembalap MotoGP, tetapi untuk ajang Dakar terdapat satu catridge cadangan agar rompi bisa diisi ulang.

Pihak penyelenggara Dakar bekerja sama dengan produsen asal Prancis yaitu Helite. Konsep airbag yang disematkan pada rompi ini cukup standar dan umum. Dan rompi buatan Helite ini memiliki desain yang cukup ringkas jadi bisa dikenakan dibalik jaket.

Cara kerjanya sendiri, airbag akan mengembang secara otomatis ketika pengendera terlepas dari motor yang dikendarainya. Perangkat elektronik di dalam rompi akan terpicu sehingga airbag akan mengembang di area sekitar punggung, tulang rusuk dan leher pengendara.

Kantung airbag dapat diganti

Ketika airbag sudah mengembang tentu akan membatasi ruang gerak sang pengendara. Jika pengendara sanggup melanjutkan balapan, sang pereli bisa mengganti selongsong gas pada rompi dan melanjutkan balapan.

Baca Juga : Dakar 2021 – Stage 7: Ricky Brabec Kapok Start Dari Depan

Toby Price kesulitan mengendarai motor bila jaket kantung udara sudah mengembang

“Pergerakan jadi tidak begitu optimal karena kami tidak bisa menunduk seperti biasanya, kini lebih sulit jika harus mengubah posisi untuk mengendalikan motor. Mungkin jika bentuknya lebih ringkas agar lebih ergonomis,” ungkap Toby Price pereli tim Red Bull KTM.

Bicara soal harga, rompi airbag Helite ini seharga 750 Poundsterling atau setara Rp 14,3 jutaan. Jadi bagaimana Sob, tertarik untuk membeli rompi ini?

Berita Terkait

Berita Terkait