POPULAR STORIES

Begini Tips Agar Turbocharger Punya Umur Panjang

Begini Tips Agar Turbocharger Punya Umur Panjang Kipli

KabarOto.com - Sobat KabarOto yang memiliki mobil dengan mesin turbocharger harus paham bahwa perawatan untuk piranti tersebut, berbeda dengan mesin biasa.

Tentu saja, hal tersebut berguna bagi masa pakai atau umur mesin dan turbocharger itu sendiri agar lebih awet.

Memberikan oli pada turbo oil inlet & outlet untuk pelumasan sekaligus pipa-pipanya, jadi hal penting untuk menjaga dari kerak oli dan karbon.

Selain itu, pastikan suplai oli memadai ke turbocharger agar tidak terjadi overheating. Pastikan pompa oli berfungsi dengan baik, serta gasket & ring tembaga yang digunakan untuk oil inlet dan outlet telah sesuai.

Baca juga: Sirimas Terima Reparasi Turbocharger Rusak

"Pastikan selang-selang udara dan pipa oli balik tidak sobek, rapat dan tidak tertekuk dari turbo menuju filter udara juga intercooler," ujar Gandi selaku Technical Specialist & Advisor workshop Sirimas Turbocharger Specialist.

Nyalakan mesin selama 5 menit pada saat kondisi idle untuk melakukan pengecekan apakah ada bunyi aneh atau kebocoran.

"Jangan sampai ada benda asing yang masuk ke slang maupun turbo pada saat pemasangan, seperti baut maupun kotoran gram-gram yang dihasilkan setelah pengerjaan overhaul," wantinya.

Ia juga bilang, pastikan kondisi klep, ring piston, piston, injektor mesin dalam keadaan baik karena dapat menyebabkan bocor kompresi, dan pembakaran buruk pada mesin.

Baca juga: Honda Mobilio Ini Lebih Gahar Setelah Pakai Doping Turbocharger

"Jangan gunakan silicon red sealant atau lem merah untuk merekatkan gasket, karena dapat masuk ke dalam turbo dan menghambat jalur oli," tandasnya.

Gandi bilang, nepel oli masuk dan keluar harus menggunakan ukuran aslinya, jangan diubah, karena menyebabkan terganggunya sirkulasi oli masuk dan oli balik. dan turbocharger dapat menjadi kekurangan oli mesin untuk melumasi parts didalamnya.

Gunakan spesifikasi oli yang telah ditetapkan oleh standar bawaan pabrik karena berpengaruh pada viskositas dan heat resistance lubricant untuk pelumasan intenal parts turbo.