POPULAR STORIES

Sirimas Terima Reparasi Turbocharger Rusak

Sirimas Terima Reparasi Turbocharger Rusak Kipli

KabarOto.com - Saat ini, kebanyakan kendaraan penumpang telah dilengkapi dengan komponen turbocharger. Ada satu tempat, Sirimas Turbocharger Specialist, bisa memperbaiki komponen turbocharger di mobil.

Kehadiran perangkat turbocharger pada mesin berperan meningkatkan performa sekaligus akselerasi yang mumpuni. Bahkan berbagai pabrikan kendaraan pun membenamkan turbocharger pada mesin mobil yang berkapasitas kecil, agar memiliki tenaga yang lebih.

Melihat secara fungsi, turbocharger merupakan salah satu perangkat sistem induksi paksa (forced induction system), untuk meningkatkan tenaga mesin secara instan dengan memanfaatkan gas buang dari mesin.

Sebagai komponen kendaraan, turbocharger pun bisa mengalami kerusakan. Cara deteksi kerusakan turbo bisa dari berbagai faktor. Seperti masuknya benda asing ke dalam komponen turbo serta kurangnya kualitas oli ke komponen turbo.

Bahkan tak sedikit pemilik kendaraan yang mengabaikan pentingnya kebersihan dan penggantian filter udara dan filter oli. Hal inilah yang mampu membuat komponen turbo pada kendaraan Sobat KabarOto tidak berfungsi secara maksimal.

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Pelumas Mobil Mesin Biasa Untuk Mesin Turbo?

“Kami memiliki layanan pengecekan kondisi kerusakan turbo (Damage Analysis Report) yang dapat dinikmati secara gratis. Selain itu kita melayani jasa perbaikan turbo atau servis turbo,” buka Gandi selaku Technical Specialist & Advisor workshop Sirimas Turbocharger Specialist.

Lebih lanjut, Gandi menambahkan bahwa workshop Sirimas Tubocharger Specialist ini memberikan konsultasi gratis sekaligus perbaikan turbo.

“Bisa bertanya seputar turbo. Mulai dari cara kerja, problem, tingkat kerusakan turbo, rincian biaya servis, hingga penggantian parts. Semuanya bisa dilakukan secara gratis,” jelas Gandi.

Selanjutnya, compressor wheel turbocharger yang terbuat dari bahan aluminium, bekerja pada putaran mesin sangat tinggi dan rentan terhadap benturan benda asing.

“Salah satu hal yang bisa kita deteksi dari kerusakan turbo adalah timbulnya suara melengking dari komponen turbo. Karena kotoran yang masuk tersebut membentur bilah compressor wheel," wantinya.

Bahkan kebocoran oli pada turbocharger pun bisa membahayakan. Menurutnya, salah satu efeknya ketika kekurangan suplai oli akan membuat mesin macet.

Baca juga: Honda Mobilio Ini Lebih Gahar Setelah Pakai Doping Turbocharger

Konsultasi seputar turbocharger bisa dilakukan pada nomor 021-6255411/35 atau email keluhan ke [email protected]. Sobat KabarOto juga bisa cek kendaraan secara langsung pada workshop Sirimas yang beralamat di Jalan Taman Sari Raya No. 11C, Jakarta Barat.

Untuk servis turbo atau repair turbo, workshop Sirimas membutuhkan waktu pengerjaan perbaikan turbo sekitar 1-3 hari, tergantung dari tingkat kerusakan turbocharger.

“Sirimas memberikan garansi bocor selama 2 bulan untuk setiap perbaikan maupun pembelian turbocharger,” tutupnya.