POPULAR STORIES

Beli Mobil Bekas Favorit Harus Teliti, Ini Caranya

Beli Mobil Bekas Favorit Harus Teliti, Ini Caranya Foto: Auto2000

KabarOto.com - Ketika tengah mencari mobil bekas berkualitas, tentu membutuhkan ciri tersendiri pada kendaraan incaran. Ini dilakukan agar anda selaku calon pembeli tidak terjebak, dengan mendapatkan kendaraan incaran yang tidak sesuai harapan.

Nah, mobbi berbagi cara membeli mobil bekas seperti Toyota Avanza. MPV 7 penumpang ini menjadi mobil paling laris di pasaran. Harganya yang terjangkau dan hemat bahan bakar menjadi faktor utama menjadikan mobil Avanza laris dipasaran, termasuk keandalannya dalam mengangkut 7 penumpang dan barang bawaan sekaligus.

Toyota Avanza ini juga paling banyak dicari di mobbi yang menjadi platform jual beli mobil bekas secara online, website mobbi ini hadir membantu konsumen yang tengah mencari mobil bekas berkualitas.

Baca juga: Simulasi Kredit All New Toyota Avanza

Harganya yang terjangkau dan hemat bahan bakar

Ternyata tidak mudah mendapatkan Toyota Avanza berkualitas dengan kondisi baik, mobbi berbagi tips untuk membantu anda yang tengah mencari Toyota Avanza bekas yang baik.

1. Kondisi mesin

Menjadi hal pertama ketika akan membeli mobil bekas, mengetahui kondisi mesin. Periksa kondisi fisik dan mendengar suara mesin, jika meraung dan kasar saat pedal gas ditekan, tanda kondisi mesin kurang baik.

Pastikan juga bunyi lain dari mesin seperti decitan dan sebagainya, kemudian periksa fisik mesin. Hindari jika terdapat oli rembes di bagian blok mesin dan bak oli.

2. Sokbreker

Karena kebanyakan Toyota Avanza digunakan mengangkut barang dan penumpang, maka beban tadi menjadi tanggung jawab sokbreker untuk bekerja keras dan menjaga keseimbangan kendaraan.

Ini sangat penting untuk memastikan kondisi sokbreker kendaraan, kondisi yang kurang baik bisa dilihat dari kendaraan cenderung miring ke salah satu sisi dan rembesan oli pada sokbreker yang artinya ada kebocoran.

3. Penyakit di gardan

Karena Avanza adalah penggerak roda belakang, tersambung dari mesin melalui perangkat gardan. Ada baiknya mengetahui bila gardan bermasalah, yaitu bunyi dengungan atau suara kasar ketika mobil dijalankan. Kemudian jika ada getaran hebat pada mobil ketika berjalan, adalah tanda adanya kerusakan pada gardan.

Baca juga: Bagaimana Perawatan Busi All New Toyota Avanza?

Berpenggerak roda belakang melalui gardan yang terhubung ke mesin

4. Kelengkapan dokumen

Untuk menghindari pemalsuan pada dokumen kendaraan, memastikan memiliki dokumen asli dan lengkap. Terutama pada bagian Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Lakukan pemeriksaan hologram pada STNK, bila asli tidak bisa berubah warna ketika diterawang. Begitu juga dengan BPKB, hologram asli tidak berubah warna dan terdapat barcode yang bisa di scan untuk memperoleh informasi kepemilikan kendaraan.

Apabila tanda-tanda tadi tidak ada, artinya harus mencurigai jika dokumen kendaraan tersebut tidak lengkap bahkan palsu. Agar terhindar dari masalah tadi, baiknya membeli Toyota Avanza incaran anda di mobbi, dalam membeli atau jual mobil bekas milik anda.