POPULAR STORIES

Terpaut Rp200 Juta, Apa Perbedaan Toyota GR Corolla RZ Dan Morizo?

Terpaut Rp200 Juta, Apa Perbedaan Toyota GR Corolla RZ dan Morizo? Dok : Toyota Jepang

KabarOto.com – Toyota GR Corolla populasinya tidak banyak. Langkanya chip semikonduktor membuat produksi mobil ini terhambat dan pemesanannya harus menggunakan undian.

Untuk gelombang pertama mobil ini akan tersedia sebanyak 570 unit, dengan 500 unit tipe RZ dan 70 unit Morizo. Soal harga, baik tipe RZ dan Morizo cukup signifikan sekitar Rp 200 jutaan, namun apa sih perbedaan Morizo Edition hingga bisa terpaut jauh?

Baca juga: Toyota GR Corolla Hadir Di Thailand Hanya 9 Unit

Morizo Edition sendiri merupakan tipe tertinggi dari GR Corolla, beberapa spesifikasinya sengaja dibuat untuk penggunaan trek, dan nama Morizo sendiri adalah nama samaran Presiden Toyota, Akio Toyoda saat balapan.

Secara keseluruhan Toyota GR Corolla Morizo memiliki tinggi lebih rendah, yakni 1.475 mm. Serta bobotnya lebih ringan di mana varian RZ punya bobot 1.470 kg, sementara Morizo Edition 30 kg lebih ringan yakni 1.440 kg.

Morizo Edition juga hadir dalam warna Matte Steel dengan tampilan kaca depan khusus bertanda tangan Morizo di bagian kiri bawahnya. Lalu pelek juga menggunakan lansiran BBS forged alumnium ukuran 18 inci finishing hitam, berbalut ban 245/40 R18 Michelin Pilot Sport Cup 2.

Untuk suspensi juga menggunakan monotube yang lebih rendah 5 mm ketimbang RZ. Serta Morizo mendapat stabilizer bar bawaan, sehingga pastinya lebih asyik saat mobil diajak bermanuver. Serta sasisnya memiliki tambahan 349 titik las, dan perekat struktural lebih dari 6 meter.

Tidak hanya di bagian luar, namun bagian dalamnya juga berbeda. Morizo Edition punya balutan bahan ultrasuede yang lebih banyak, sehingga terkesan lebih sporty, dan lebih nyaman digenggam. Lalu fitur Digital Multi-Information Display (MID) 12,3 inch dilengkapi Circuit Edition.

Baca juga: Toyota Innova Zenix Hybrid Gunakan Baterai Ni-MH, Segini Harganya Jika Rusak

Joknya juga sudah menggunakan model bucket seat, serta tidak ada lagi jok belakang, karena fokusnya penggunaan trek. Serta walau orientasinya ke trek, namun teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 sebagai standar sudah disematkan sebagai standar.

G16E-GTS turbocharged yang sama seperti GR Yaris mesin 3 silinder turbo berkapasitas 1.618 cc. Tenaganya sama dengan varian RZ yakni 304 dk, namun torsinya lebih besar 400 Nm. Disambung ke transmisi 6 percepatan manual dengan rasio gigi lebih pendek.

Lalu penggeraknya menggunakan GR-Four All Wheel Drive, dibekali LSD depan dan belakang sehingga grip lebih baik. Serta pengaturan AWD bisa dibagi daya roda depan dan belakang 30-70, 50-50, dan 60-40 yang bisa dikustomisasi.