POPULAR STORIES

Toyota Innova Zenix Hybrid Gunakan Baterai Ni-MH, Segini Harganya Jika Rusak

Toyota Innova Zenix Hybrid Gunakan Baterai Ni-MH, Segini Harganya Jika Rusak Toyota Kijang Innova Zenix (Foto: Deddy KabarOto)

KabarOto.com – Toyota Innova sekarang sudah meninggalkan mesin diesel berturbo. Digantikan mesin bensin hybrid yang lebih ramah lingkungan, namanya pun menjadi Kijang Innova Zenix,, motor listriknya digerakkan menggunakan baterai.

Mobil ini menggunakan baterai bertipe Ni-MH, bahannya terbuat dari nikel. Battery pack disusun secara prismatik sehingga lebih tahan dari guncangan di jalan.

Ilustrasi penempatan baterai Innova Zenix.

Ada alasan kenapa tidak menggunakan baterai lithium-ion seperti kebanyakan mobil listrik. Baterai Ni-MH dinilai lebih tahan panas, lalu karena pengisian mengandalkan geberator (mesin), artinya tidak membutuhkan daya listrik yang besar untuk mengisi sampai penuh kapasitas 6,5 Ah-nya.

Baca Juga : Alasan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Gunakan Platform TNGA-C

Namun, ada beberapa kekhawatiran, mengingat posisi baterai berada di bagian bawah jok penumpang depan, sehingga mungkin risiko terkena banjir atau lumpur saat melintasi genangan air.

Meski begitu pada saat peluncurannya, Chief Engineer Toyota Motor Corporation, Hideki Mizuma menyakinkan, baterai Innova Zenix Hybrid telah teruji tahan air, dan kedap sehingga aman jika melewati banjir.

Ilustrasi mobil menerjang banjir

Baca Juga : Mengintip Fitur Toyota Innova Hycross, Fitur Lebih Komplet?

Lalu berapa harga baterai Zenix jika rusak? Area Business Manager Auto2000 Northwest Jakarta Utara, Herry Darmasaputra menjelaskan, harga baterai kita di kisaran Rp 30 jutaan. "Tetapi ini kita garansi 8 tahun atau 16.000 kilometer," terangnya belum lama ini.