Umar Basalamah Injak Podium Pertama Di Kelas Super Touring Car Race

Umar Basalamah Injak Podium Pertama di Kelas Super Touring Car Race

KabarOto.com - Gelaran Perdana Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2020 telah resmi dimulai pada hari Minggu (30/08). Ini adalah gelaran perdana ISSOM pasca New Normal yang seharusnya telah bergulir beberapa bulan lalu, namun baru diselenggarakan.

Salah satu pembalap yang bertarung di kelas terganas atau Super Touring Car Race (STCR) adalah Umar Basalamah yang tergabung dalam tim BJB Delta Garage dengan Honda Civic Estilo.

Pembalap yang satu ini memang sudah terkenal akan keganasannya sejak musim balap beberapa tahun terakhir. Namun, sedikit berbeda dengan seri perdana ini karena ia dan timnya harus berusaha lebih keras untuk mengamankan posisi.

"Kita terkendala beberapa hal, karena mesin mobil memang bermasalah sejak kualifikasi," buka Umar saat diwawancara KabarOto.

Baca Juga: Balap ISSOM New Normal, Amankah?

Meski ia mendapatkan pole position pada saat kualifikasi di STCR 1 dan STCR 2, mobilnya mengalami kerusakan pada bagian mesin, "Memang problem pada hari itu (Sabtu) namun Alhamdulillah cepat diselesaikan sampai akhirnya menang," imbuh pria keturunan Timur Tengah itu.

Masalah di mesin ternyata membuat dirinya sedikit waspada saat race day, ia tak bisa gaspol begitu saja karena dudukan saringan pelumas patah sehingga menetes ke knalpot yang menyebabkan kebakaran. "Ya, gas gue gantung saja, kadang gaspol tapi ada ritmenya untuk ditahan, jaga kondisi mesin saja yang penting bisa finis," ujar pemukim kawasan Jakarta Timur itu.

Ia pun menyelesaikan balap dengan catatan waktu 1 menit 46,8 detik, padahal ketika gaspol dengan mesin normal, catatan waktunya mencapai 1 menit 45 detik hingga 1 menit 44 detik ketika kualifikasi. Intinya podium pertama ya, Sob!