Bengkel Mobil Ini Buka Selama PPKM Darurat Dengan Syarat

Bengkel Mobil Ini Buka Selama PPKM Darurat dengan Syarat Bengkel Resmi Daihatsu

KabarOto.com - Pemerintah menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021. Sektor esensial dan kritikal saja yang tetap beroperasi. Dalam masa ini, bengkel mobil bisa beroperasi, namun dengan syarat yang telah ditentukan.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, pihaknya saat ini tetap menjalankan operasional bengkel selama PPKM Darurat.

Baca Juga: Produksi Pabrik Daihatsu Hanya 420 Ribu Unit

Dibukanya bengkel di masa ini, bukan mencari untung, tapi lebih mengedepankan tanggung jawab sosial untuk mendukung kepada sektor esensial dan kritikal, yang tetap berjalan.

"Berdasarkan peraturan, bengkel buka kalau dia bisa melayani kebutuhan esensial dan kritikal," terangnya, belum lama ini. Dia mencontohkan, bengkel untuk memenuhi kebutuhan transportasi, kesehatan, distribusi, logistik.

Jika sebuah merek punya kendaraan niaga baik ringan maupun berat, tentunya unit-unit digunakan untuk kebutuhan logistik, transportasi dan sebagainya. "Itu untuk mendukung yang sifatnya esensial," terang Hendrayadi.

Hendrayadi memaparkan, Daihatsu punya produk blind van dan pikap Gran Max, banyak digunakan sebagai kendaraan logistik. Sementara Daihatsu Luxio, banyak digunakan oleh ambulance mengangkut tenaga medis.

Meski diperbolehkan beroperasi sebanyak 50% untuk karyawan, tapi mereka memilih untuk menerapkan 10 persen karyawan bengkel, alasannya untuk menjaga protokol kesehatan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Konsumen Daihatsu Sabar, Pengiriman Mobil Baru Dipastikan Terhambat

"Untuk mengoperasikan 1 bengkel minimal 4 orang, 1 kasir, 1 service advisor, 1 partman yang mengeluarkan komponen, dan 1 lagi mekanik," terangnya. Jika 1 bengkel 10 persen, sehingga di bengkel itu yang kerja mungkin 4 orang, service advisor merangkap partman, dan kasir," tambahnya.