POPULAR STORIES

Bentuk Dukungan Astra Honda Motor Untuk Pemilik Bengkel Baru

Bentuk Dukungan Astra Honda Motor untuk Pemilik Bengkel Baru AHM

KabarOto.com - Pelaku usaha bengkel muda binaan Yayasan AHM yang tergabung dalam Astra Honda Youthpreneurship Program (AHYPP) mendapat suntikan dana dari FIFGROUP senilai Rp 145 juta. Dana ini diklaim akan digunakan untuk mengembangkan usaha generasi alumni pendidikan vokasi ini.

Sebanyak 8 pebengkel muda binaan Yayasan AHM ini mendapatkan pinjaman dana bergulir yang diberikan secara bertahap sejak tahun lalu. Tahap pertama, pihaknya memberikan dana bantuan senilai Rp 55 juta kepada 4 pengusaha muda alumni SMK ini.

Melihat kinerja yang terus bertumbuh meskipun tengah menghadapi pandemi, perusahaan itu kembali mengucurkan pinjaman dana bergulir tanpa bunga pada tahun 2022 dengan nilai Rp 90 juta kepada 4 anak muda pengusaha bengkel alumni pendidikan vokasi dari beberapa provinsi di Tanah Air.

Baca juga: Thailand Talent Cup Diklaim Jadi Ajang Pembibitan Pembalap Astra Honda Motor

Para peserta AHYPP tersebut klaimnya mampu menghadirkan pelayanan servis berkualitas dan mendapatkan kepercayaan konsumen sehingga mampu menyerap rata-rata 130-150 pelanggan dalam setiap bulan.

Bengkel binaan Yayasan AHM ini mampu menghasilkan pendapatan rata-rata pertahun sebesar Rp 10-15 juta, bahkan salah satu bengkel mampu menghasilkan Rp 70 juta per bulan di masa pandemi.

Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, "Dana ini sangat berarti untuk pengembangan usaha anak-anak muda alumni SMK ini dalam melayani masyarakat melalui bengkel sepeda motor. Kami pun menyeleksi puluhan anak muda yang memiliki passion dan komitmen tinggi untuk menjadi pengusaha bengkel mandiri."

Dalam meningkatkan kompetensi, Yayasan AHM juga terus memberikan pelatihan baik secara teknis maupun soft skill seperti pelatihan kepemimpinan dan pengelolaan keuangan tingkat lanjut, serta memberikan edukasi penggunaan platform digital untuk usaha mereka.

Baca juga: Bentuk Dukungan Astra Honda Motor Majukan Motorsport Nasional

Mereka pun belajar mengelola administrasi bengkel, mulai dari pengelolaan keuangan, pengelolaan stock spare part, sampai pembuatan invoice untuk para pelanggan.

Beragam layanan pun dihadirkan dalam bengkel binaan, seperti servis ringan, servis lengkap, servis kelistrikan, hingga perbaikan mesin atau servis berat. Saat ini, para pengusaha bengkel binaan Yayasan AHM juga mulai menambah jenis usaha sebagai pendukung usaha utamanya, seperti membuka cuci motor, restorasi, penjualan variasi motor, salon motor, dan bengkel bubut/ korter mesin motor.

Sampai saat ini, klaimnya seluruh bengkel AHYPP sudah berkontribusi memberikan lapangan kerja pada 45 orang yang ada di sekitar bengkel. Selain memberikan kesempatan kerja, beberapa bengkel binaan saat ini juga sudah menjadi tempat belajar praktek (PKL) bagi para siswa SMK binaan AHM.