POPULAR STORIES

Beralih Ke Digital, Toyota Kurangi Cara Penjualan Off-line

Beralih ke Digital, Toyota Kurangi Cara Penjualan Off-line Toyota mulai tinggalkan Pameran mobil offline

KabarOto.com - Toyota Astra Motor adalah salah satu produsen mobil di Indonesia yang penjualannya terbanyak dibandingkan kompetitor. Mereka memiliki berbagai barian mobil, mulai dari sedan, SUV, MPV, Low MPV dan juga LCGC. Namun, saat Pandemik Covid-19 penjualan Toyota menurun. Mereka pun memiliki cara jualan yang dinilai efektif saat Pandemik ini. Salah satunya online. Namun seperti apa cerita Toyota saat Covid-19 mulai masuk Indonesia?

"Maret saat Covid mulai marak, kami sedang persiapkan musim lebaran," jelas Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) . Karena pangsa pasar otomotif menurut dia meningkat saat lebaran. "Saat kami sudah siap dengan penjualan dan program after sales, terjadi Pandemik," cerita Anton saat webminar,(22/9/2020).

Baca Juga: Toyota GR Super Sport, Bikin Penasaran!

TAM pun langsung bergerak cepat, mempersiapkan diler dengan protokol kesehatan yang ketat, agar karyawan bisa terlindungi dari virus tersebut. "Kami pun merubah program, pertama bagaimana memberikan support kepada masyarakat," tambahnya. Meski penjualan menurun, TAM tetap berusaha menggelar program CSR membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

Selanjutnya yang dilakukan TAM dalam situasi sulit di bulan April sampai Juni 2020, berusaha untuk kreatif dalam memberikan solusi kepada konsumen. "Fenomena digital information atau digital marketing kami lakukan," terang Anton lagi.

menurut dia, banyak konsumen yang mencari informasi melalui digital, dan Pandemik menurut dia membuat pola penjualan dan pelayanan berubah. "Kami siapkan digital ini untuk 2 sampai 3 tahun ke depan, tapi tahun ini sudah harus dijalankan," tambahnya.

Dia pun meminta diler untuk menyesuaikan dengan pola digital ini. program yang harusnya dijalankan jangka menengah, harus dipercepat," tegasnya.

Baca Juga: Jajaran Kendaraan Hybrid Toyota Bakal Mejeng Di Auto2000 Virtual Weekend Sales

Aplikasi dan website menurut Anton kunjungannya naik dibanding kondisi normal. "Kami minta diler melakukan penyesuaian, berkomunikasi langsung secara digital," tambahnya. Program-program kreatif juga dijalankan, salah satunya bunga ringan, cicilan ringan dan menjalankan kerjasama dengan Toyota Asra Finance di program Kinto One.

Kinto One adalah solusi pakai mobil baru, dengan cara berlangganan yang pertama di Indonesia terutama untuk konsumen individu. Melalui pelayanan yang serba online, pelanggan dapat mengajukan via website www.kinto-id.com