POPULAR STORIES

Berapa Harga Dan Usia Pakai Aki Yamaha Fazzio

Berapa Harga dan Usia Pakai Aki Yamaha Fazzio Yamaha Fazzio (Foto: KabarOto.com)

KabarOto.com - Skuter matik menjadi sepeda motor yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Yamaha Fazzio Hybrid pun diperkenalkan, modelnya yang unik dengan teknologi modern, membuat motor ini sudah dipesan hingga 1.000 unit.

Yamaha Fazzio dibekali dengan sistem hybrid, di mana mengunakan dua komponen utama, yaitu aki dan Smart Motor Generator (SMG). Aki yang ada di Yamaha Fazzio membantu SMG untuk memberikan tenaga tambahan ke mesin saat berakselerasi dari kondisi berhenti selama tiga detik.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Hybrid Di Yamaha Fazzio Connected

TFirst Ride Yamaha Fazzio

Lalu apakah menggunakan aki yang lebih kecil dayanya atau yang lebih besar bisa memengaruhi sistem kerja dari hybrid tersebut? Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Aji Handoko menjelaskan, aki motor yang masuk ke kelas Classy Yamaha ini lebih besar dari matik pada umumnya. Ukurannya sama dengan Yamaha R15, 5,3 ampere.

"Kalau aki dipasang dengan ampere yang lebih rendah akan berpengaruh. Paling masalah dimensinya masuk atau tidak," terang Aji, di Bogor, belum lama ini. Dia menambahkan, selama dimensinya sama, mengunakan aki yang tegangan ampere lebih besar lebih bagus.

"Kalau pakai yang lebih kecil pasti performanya akan berkurang," tambahnya. meski membantu kinerja SMG, namun baterai Yamaha Fazzio ini usianya sama dengan motor matik lainnya.

Baca Juga: Ini Alasan Yamaha Fazzio Dibekali Teknologi Hybrid

Untuk diketahui, Yamaha Fazzio bawaan parik mengunakan aki Yuasa YTZ6V, berkode part BN1-H2100-00. Harga baterai ini di pasaran mencapai Rp 280 ribu.