POPULAR STORIES

Berapa Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Paling Ideal? Lihat Di Sini Sob!

Berapa Ukuran Tekanan Angin Ban Mobil Paling Ideal? Lihat Di Sini Sob! Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Sebagai pemilik mobil, tentu Sobat KabarOto harus selalu perhatikan tekanan angin ban, jangan sampai terlalu berlebihan ataupun kurang, karena akan sangat berbahaya ketika di jalan. Namun bagaimana kita tahu berapa ukuran tekanan angin ideal setiap mobil?

Terkadang sebagian pemilik mobil masih terpaku dengan mitos tekanan angin mobil semakin besar semakin bagus, karena awet dan sebagainya. Atau bisa juga hanya mengikuti kebiasaan bengkel, yang bukan ukuran tepat.

Baca juga: Ban Pacul Kurang Tepat Digunakan Di Aspal, Berikut Penjelasannya

Stiker di dekat pintu atau pilar pengemudi. Menunjukkan angka 33 psi di depan dan 32 psi di belakang.

"Biasanya kalau bengkel punya kebiasaan sendiri, misalnya biasa diisi 35 psi atau berapa pun, namun itu tidak tepat. Karena anjuran paling tepat dan ideal ada di bagian stiker di sisi kanan pengemudi," jelas Andreas Sendie, Area Sales Manager & Training Specialist Goodyear Indonesia.

Serta dijelaskan juga yang menentukan tekanan angin ideal sebuah ban justru bukan dari produsen ban. Melainkan pabrikan mobil, karena mereka yang mengetahui bobot dan ukuran ideal masing-masing mobil.

Baca juga: Goodyear Hadirkan 2 Ban Baru Assurance ComfortTred Dan Assurance Maxguard SUV

"Produsen ban hanya membuat ban tersebut bisa menahan sampai tekanan angin tertentu. Namun kalau soal ukuran tekanan angin yang pasti, itu yang menentukan pabrikan mobil," papar Sendie.