Berawal Dari Tukang Roti, Simak Sejarah Penggagas Maybach Hingga Lahirkan Mobil Mewah

Berawal dari Tukang Roti, Simak Sejarah Penggagas Maybach Hingga Lahirkan Mobil Mewah

KabarOto.com - Wilhelm Maybach lahir di Heilbronn, Jerman pada tanggal 9 February 1846 atau tepatnya 175 tahun lalu. Putra tertua kedua dari seorang tukang kayu merupakan sosok yang berpengaruh terhadap perkembangan merek Mercedes-Benz.

Hal ini terjadi ketika Maybach menjadi rekan Gottlieb Daimler hingga ia meninggal dunia pada tahun 1900. Maybach memiliki bakat keahlian teknik yang luar biasa. Penemuannya memberikan kontribusi penting untuk mewujudkan konsep visioner Daimler. Hingga saat ini, nama beliau terus dikenal dalam merek Mercedes-Maybach.

Tahun 1854 Maybach kehilangan ibunya dan dua tahun kemudian kehilangan ayahnya. Rekan-rekan keluarganya melakukan berbagai upaya untuk mencari rumah untuk Wilhelm sebagai anak yatim, termasuk memasang iklan surat kabar yang ditempatkan di ‘Stuttgarter Anzeiger” pada tanggal 20 Maret 1856.

Baca juga: Kanye West Beri Hadiah 5 Unit Mercedes-Maybach GLS Untuk Kim Kardashian

Wilhelm Maybach kemudian tinggal di Bruderhaus (house of brothers) di Reutlingen, sebuah lembaga yang didirikan oleh Teolog protestan Gustav Werner dan istrinya Albertine. Bruderhaus menjalankan rumah, sekolah dan juga pabrik untuk para yatim piatu.

Awalnya, Wilhelm Maybach dilatih di Bruderhaus sebagai pembuat roti dan kue manis. Namun, Pendeta Werner melihat bakat keahlian teknik Wilhelm yang luar biasa dan memutuskan untuk mengasuhnya. Oleh karena itu, Maybach memulai program magang di departemen gambar pada pabrik mesin pada tahun 1861, serta mempelajari fisika dan pelajaran menggambar bebas.

Maybach melanjutkan untuk memajukan teknologi otomotif dengan berbagai desain, seperti transmisi empat percepatan, transmisi roda gigi yang dapat digerakkan, dan mesin-V dua-silinder (dibuat berdasarkan lisensi Peugeot tahun 1890).

Baca juga: Mercedes-Maybach S Class Terbaru, Perpaduan Kesempurnaan dan Teknologi Canggih

Penemuannya ini bahkan tidak terhalang oleh konflik antara Daimler dan perusahaan yang dia dirikan pada awal 1890-an. Maybach mengembangkan mesin 2 silinder segaris Phoenix dan karburator nosel semprot di aula taman Hotel Hermann, sebuah fasilitas yang disewa oleh perusahaannya pada saat itu.

Mesin Phoenix mendapat begitu banyak kesuksesan sehingga pemegang lisensi internasional berhasil mempertahankan Daimler and Maybach di Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG) pada 1895.

Tanggal 22 November 1899, Mercedes-Benz 35 dk pertama berhasil diselesaikan di Cannstatt. Dianggap sebagai mobil modern pertama, mobil ini dipesan oleh Emil Jellinek, distributor terpenting Daimler saat itu.

Teknik otomotif di Maybach berakhir pada tahun 1941. Namun, pada 2002 nama legendaris tersebut terlahir kembali sebagai merek mewah yang pada saat itu bernama, Daimler Chrysler AG. Model seri 240 Maybach 62 dan sedan mewah Maybach 57.

Baca juga: Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC, Buat Penggemar SUV Supermewah

Pada November 2014, Mercedes-Maybach S-Class (model seri 222) merayakan penayangan perdana dunianya. Sejak saat itu, merek ini dikenal sebagai kendaraan yang sangat eksklusif, desain yang elegan dan teknologi mutakhir. Debut Mercedes-Maybach S 600 Pullman (2015) dan S 600 Pullman Guard dengan perlindungan khusus (2016) jadi andalan mereka.

Mercedes-Maybach S-Class model seri 223 telah melanjutkan tradisi sejak akhir tahun 2020. Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC juga merupakan bagian dari jajaran kendaraan eksklusif mereka. Di Indonesia, Mercedes-Maybach S 560 saat ini dilengkapi dengan mesin 3.982 cc V8 bertenaga 469 dk dan tersedia dengan harga Rp 6,715 miliar (off-the-road).