POPULAR STORIES

Bergaya Retro Modern, Honda CBF190TR Meluncur Di Tiongkok

Bergaya Retro Modern, Honda CBF190TR Meluncur di Tiongkok

KabarOto.com – Konsep retro modern nampaknya cukup diminati oleh konsumen di Asia belakangan ini. Hal ini terbukti, hampir bersamaan dengan diluncurkannya Yamaha XSR155 di Thailand.

Dilansir dari Zigwheels, Pihak Honda Tiongkok baru–baru ini meluncurkan sebuah motor retro modern dengan kapasitas mesin cukup besar. Produk tersebut adalah Honda CBF190TR yang berbasis dari salah satu naked bike Honda yaitu Honda CB190R. Mungkin bagi Sobat KabarOto akan mengira bahwa motor ini mirip dengan sosok Honda CB150 ExMotion atau CB300R, namun kenyataanya sangat berbeda.

Walaupun mengusung konsep retro modern, namun Honda CBF190TR tidak meneruskan desain Neo Sport Cafe yang diusung Honda CB300R dan kawan–kawannya. Pertama pada bagian jok CBF190TR ini dibuat tandem alias rata. Jelas konsep ini berbeda dengan Honda CB150 ExMotion ataupun CB300R, malahan lebih mirip Honda CB650R dan Honda CB1000R versi low budget.

Baca juga: Honda CBR1000RR-R Fireblade SP, Tunggu Juni 2020

Dilihat dari desainnya, motor ini menggunakan lampu bulat yang retro namun menggunakan teknologi LED dengan LED DRL. Sayangnya, tidak ada visor di atas lampu motor ini, sehingga panel instrumennya terlihat terbuka. Suspensi depannya model upside down berwarna hitam, sepatbor depan minimalis dengan aksen silver dan pelek cast wheel yang digunakan sama persis dengan Honda CB190R.

Ban menggunakan semi dual purpose dengan kembangan yang terlihat lebih berotot. Untuk menegaskan kesan retro, motor ini menggunakan spion bulat bahkan detail sederhana ini tidak di aplikasikan di Yamaha XSR155. Tangki bahan bakarnya terlihat ramping dengan bentuk mengotak, dan ada shroud mungil berwarna silver. Di sisi bawah mesin diberikan undercrowl berwarna silver juga, dan jangan kaget kalau radiator pada motor ini absen.

Karena mesinnya masih air cooled, pada panel instrumennya berbentuk bulat namun sudah full digital dan terdapat indikator gigi dan jam digital. Yang menarik nih Sob, pada sisi kiri panel instrumennya terdapat port USB untuk mengisi daya gadget kesayangan Sobat.

Setang mengusung model fatbar, dan tuas rem serta kopling berwarna hitam. Pada pengeram sudah dilengkapi ABS loh walapun hanya single channel ya Sob. Pada bagian belakang, Honda CBF190TR menggunakan jok model tandem yang posisi duduknya nyari sejajar. Pada bagian knalpot yang berbentuk modern, silencer-nya penden dan ujungnya dibuat mengotak.

Baca juga: Punya Tampilan Baru, Ini Besaran Kenaikan Harga Honda CBR150R

Pada bagian suspensi belakang sudah monoshock, lampu belakangnya minimalis khas motor retro dan sepatbor belakangnya dibuat dekat dengan ban.

Bicara soal mesin Honda CBF190TR menggunakan mesin sayu silinder berkapasitas 184 cc injeksi yang menghasilkan tenaga 15,8 dk pada 8.000 rpm dan torsi 15 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga motor ini menurun sedikit dibandingkan dengan Honda CB190R, namun torsinya naik 0,8 Nm.

Jadi bagaimana Sob kalau pihak Astra Honda Motor memasukan Honda CBF190TR ini? (Rizky Hidayat)

Berita Terkait

Berita Terkait