POPULAR STORIES

Berisiko Terbakar, Kia Tarik Ratusan Ribu Mobil Di Amerika Serikat

Berisiko Terbakar, Kia Tarik Ratusan Ribu Mobil di Amerika Serikat Kia Sorento 2012

KabarOto.com – Kia Motors Corp dikabarkan melakukan penarikan produk kembali (recall) kepada 295 ribu kendaraan yang dipasarkan di Amerika Serikat karena risiko kebakaran mesin.

Dari angka tersebut, beberapa produk seperti Kia Sorento lansiran 2012-2013, Forte dan Forte Koup lansiran 2012-2015, Optima Hybrid 2011-2013, Soul 2014-2015 dan Sportage tahun 2012.

Untuk melakukan perbaikan, diler resmi Kia akan melakukan pemeriksaan pada bagian ruang mesin dari kebocoran bahan bakar atau oli, melakukan pengujian mesin dan melakukan perbaikan apa pun, termasuk penggantian mesin.

Baca Juga : Mobil Klasik Range Rover Bertenaga Listrik, Ini Harganya

Kia Optima Hybrid 2011

Pabrikan asal Korea Selatan ini tengah mengembangkan pembaruan perangkat lunak Knock Sensor Detection System untuk melakukan perbaikan mobil.

Sebelumnya, Kia dan afiliasi Hyundai Motor Co telah menyetujui denda perdata senilai 210 juta dolar AS, akibat Regulator Keselamatan Mobil AS mengatakan dua pabrikan ini tidak berhasl menarik 1,6 juta kendaraan karena bermasalh pada mesin.

Kedua pabrikan ini telah setuju untuk hal tersebut setelah Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS menjelaskan bahwa pembuat mobil tidak secara akurat melaporkan beberapa informasi kepada agensi mengenai penarikan produk tersebut.

Baca Juga : All-new Nissan Roox Raih Penghargaan Mobil Perkotaan Terbaik Di Jepang

Kia Sportage 2012

Hasilnya, Kia dikenakan hukuman perdata sebesar 70 juta AS, termasuk pembayaran di muka 27 juta dolar AS, persyaratan untuk membelanjakan 16 juta dolar AS untuk mengantisipasi langkah keamanan tertentu, dan potensi denda yang ditangguhkan senilai 27 juta dolar AS.

NHTSA sendiri telah membuka penyelidikan pada tahun 2019 terhadap kebakaran non-tabrakan di kendaraan Kia dan Hyundai. Saat itu, mereka i merekomendasikan Kia melakukan penarikan pada model-model tertentu dengan risiko kebakaran yang lebih tinggi.