POPULAR STORIES

Berkat Perangkat Baru Ini, BMW Tampil Lebih Kompetitif Di WSBK Inggris 2022

Berkat Perangkat Baru Ini, BMW Tampil Lebih Kompetitif di WSBK Inggris 2022 Scott Redding (foto : WSBK)

KabarOto.com – Duo pembalap BMW, Scott Redding dan Loris Baz ungkap rahasia bisa tampil lebih kompetitif di ajang World Superbike (WSBK) Inggris 2022 pada akhir pekan lalu.

Seri kelima yang berlangsung di Sirkuit Donington Park, salah satu yang menjadi pusat perhatian dari BMW. Pasalnya, pabrikan asal Jerman itu menggunakan sebuah perangkat baru yaitu lengan ayun (swingarm) untuk motor Scott Redding (BMW Motorrad) dan Loris Baz (Bonovo Action BMW).

Baca juga: Hasil Race 2 WSBK Inggris 2022 : Toprak Razgatlioglu Raih Kemenangan

Lengan ayun buatan Kalex ini menjadi salah satu upgrade besar. Salah satunya untuk memperbaiki penguatan (stiffness) di bagian kaki-kaki. Tentu, upgrade tersebut membuahkan hasil yang cukup signifikan. Redding mampu menempati posisi ketiga dari hasil kombinasi Latihan Bebas (FP1 & FP2) pada Jumat (15/7) lalu.

Lengan ayun baru untuk BMW M 1000 RR

Sedangkan pada sesi FP3 pada Sabtu (16/7), Baz berhasil menempati posisi ketiga dan terpaut 0,324 detik dari Garret Gerloff (GYTR GRT Yamaha) yang menempati posisi puncak.

“Saya rasa kami sudah membuat sebuah langkah besar. Karena BMW mulai mendekati para pembalap. Kini, pada bagian setang, lengan ayun, dan footstep baru membuat feeling saya lebih baik dan dapat mengeluarkan potensi motor,” ungkap Scott Redding.

Baca juga: Usai WSBK Italia 2022, Scott Redding Ungkap Masalah BMW

Redding juga menambahkan soal lengan ayun baru ini memperbaiki grip ujung ban yang selama ini menjadi masalah utama. Adapun pengereman dan kelincahan juga lebih membaik. Tentu, pembalap asal Inggris itu sangat menegaskan bahwa bagian kaki-kaki termasuk lengan ayun dan ban sangatlah penting untuk kinerja motor.

Loris Baz

Hal positif juga diutarakan oleh Loris Baz, dirinya mengakui hal yang terpenting yang harus diperbarui BMW adalah pada bagian kaki-kaki. “Saya langsung memiliki feeling yang baik. Lengan ayun baru ini mampu meredam guncangan lebih baik dan kami bisa menikung lebih maksimal,” ungkap Loris Baz.

Tidak hanya saat Latihan Bebas saja, pada sesi Race 1 dan Race 2, baik Baz maupun Redding mereka mampu finis di 10 besar. Baz konsisten finis posisi kesembilan untuk kedua race. Sementara, untuk Redding mampu finis posisi keempat (Race 1) dan posisi kelima (Race 2).