Berlaga Di AXCR 2022, Mitsubishi Triton Punya Keunggulan Di Trek Off-Road

Berlaga Di AXCR 2022, Mitsubishi Triton Punya Keunggulan Di  Trek Off-Road Mitsubishi Triton Ralli Art (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com – Mitsubishi Motors Corp akan berlaga di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022. Di mana, Rifat Sungkar akan balapan menggunakan Mitsubishi Triton.

Sebagai informasi, Mitsubishi Triton akan turun di kelas T1 yang merupakan mobil dengan standar pabrikan. Sedangkan, AXCR ke-27 akan berlangsung 21-26 November 2022 dari Buriram, Thailand hingga Siem Reap, dekat situs Warisan Dunia Angkor Wat, Kamboja.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah melakukan uji ketahanan Mitsubishi Triton di trek off-road di Thailand pada 27-29 Juni lalu. Uji ketahanan ini dilakukan pada pikap double cabin dengan beban dan kapasitas tinggi, serupa dengan yang diperkirakan dalam reli dan berfokus terutama pada keandalan dan daya tahan sasis dan mesin.

Baca juga: Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 Jadi Ajang Riset Bagi Mitsubishi Triton

Tampilan samping

Menurut Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI mengatakan bahwa Mitsubishi Triton di Indonesia sudah dipakai di pertambangan dan perkebunan.

"Orang bilang ini work horse, kuda untuk kerja keras. Triton di pasar otomotif mendominasi sekitar 60%. Sudah cukup bukti andal dipakai di medan ekstrem pertambangan dan perkebunan, ini akan memperkuat citra Mitsubishi Triton ketika dibuktikan di trek reli," jelas Irwan Kuncoro.

Mitsubishi Triton yang akan digunakan pada ajang balap AXCR 2022 ini diklasifikasikan sebagai mobil reli Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) yang digolongkan pada Group T1 (prototipe kendaraan lintas alam).

Melansir spesifikasi model kabin ganda Thailand, kap mobil, pintu depan dan belakang, interior dan bagian lainnya telah dibuat menjadi ringan, sedangkan bodi mobil telah diperkuat dengan roll cage dan under guard.

Baca juga: Mitsubishi Triton Ambil Bagian Di AXCR 2022, Harapkan Dongkrak Penjualan

Tampilan belakang

Selain itu, suspensi Mirsubishi Triton dikhususkan untuk reli ini memberikan karakteristik handling luar biasa, sedangkan Limited Slip Differential (LSD) depan dan belakang, ban off-road berdiameter besar, dan pelek ringan, secara dramatis meningkatkan handling di permukaan jalan tidak rata.

Sementara itu, Rifat Sungkar mengungkapkan kegembiraannya mendapatkan kesempatan membawa Mitsubishi Triton di ajang AXCR 2022.

"Sesuai balapan AXCR yang penting adalah ketahanan. kalau modifikasi seperti apa bisa dilihat website resmi. Namun yang saya lihat tidak terlalu eksterem, body shell masih normal, dan suspensi boleh diubah," ungkap Rifat.