POPULAR STORIES

Berlangsung 5 Kali, Mandalika Racing Series 2024 Diharapkan Lahir Pembalap Muda Berbakat

Berlangsung 5 Kali, Mandalika Racing Series 2024 Diharapkan Lahir Pembalap Muda Berbakat Mandalika racing Series tahun 2023 (Foto: MRS)

KabarOto.com - Mandalika Racing Series (MRS) akan menjadi event balap pembuka tahun 2024 di Mandalika International Circuit, Lombok Nusa Tenggara Barat. Akan berlangsung 5 seri, targetnya diikuti oleh 80 starter, diharapkan lahir pembalap muda berbakat.

Arif Syahbani, Ketua Penyelenggara Mandalika Racing Series 2024 mengatakan, ini merupakan event balap pembuka tahun 2024, ia berharap target bisa tercapai. "Kita sih awal 80 starter ya, syukur-syukur bisa sampai 100," ucapnya, di sesi talkshow IIMS 2024.

Baca Juga: Mandalika Racing Series Kembali Digelar, 3 Kelas Akan Dilombakan Dengan Regulasi Baru

Seri Pertama akan berlangsung pada 2 - 3 Maret, kemudian 25-26 Mei, 13-14 Juli, 24-25 Agustus dan 19-20 Desember 2024. Kelas-kelas yang dilombakan, utama yaitu, Sport 150, Sport 250, Supersport 600, serta Kelas pendukung lain, seperti Underbone 150 U-20, Supersport 600 dan Superbike 1000 Community. Underbone itu antusiasnya cukup banyak, makanya tahun ini kita adakan lagi," tuturnya.

Ada beberapa regulasi teknik, yang telah disepakati dalam Rakornis dan Rakornas IMI, untuk membuat jalannya kompetisi semakin ketat, namun tetap menjunjung sportivitas.

Mandalika Racing Series menjadi event balap pertama di Lombok tahun 2024 (Foto: AHM)

Pihak penyelenggara, menurut Arif akan terus memfasilitasi pembinaan untuk membangun prestasi para pembalap Indonesia, agar bisa menapak jenjang balapan lebih tinggi.

"Mandalika Racing Series telah menjadi ikon Kejuaraan Nasional, telah melahirkan pembalap juara di level tinggi yang berlaga di kejuaraan dunia, seperti ARRC dan Asia Talent Cup.

Tahun ini ia berharap akan muncul juara baru, agar dapat meneruskan supremasi balap motor Indonesia, di kemudian hari. Untuk memanjakan penggemar balap di Indonesia, akan ditayangkan Live Streaming, telah disiapkan dengan 11-titik kamera baru dengan peralatan yang lebih lengkap.

Sementara itu, Eddy Saputra, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat menyatakan, pihaknya selalu mendorong untuk terus meningkatkan kualitas balapan di Indonesia.

Hal baru tahun ini terdapat aturan mengenai registrasi produk, agar semua komponen yang digunakan sudah didaftarkan ke IMI, sehingga bisa dilindungi pengaplikasiannya di ajang balap.

Baca Juga: Tambah Kelas Balap, Mandalika Racing Series Diklaim Bakal Makin Seru

Ini merupakan upaya mereka menjaga roda kompetisi di tingkat nasional. "Kejurnas MRS menjadi salah contoh penyelenggaraan, dengan menerapkan registrasi produk. Jika ada pembalap yang memakai produk non-register akan didiskualifikasi,” jelas Arif.