POPULAR STORIES

Mandalika Racing Series Kembali Digelar, 3 Kelas Akan Dilombakan Dengan Regulasi Baru

Mandalika Racing Series Kembali Digelar, 3 Kelas Akan Dilombakan dengan Regulasi Baru Para pembalap bertarung di Mandalika Racing Series 2023 (Foto: AHRT)

KabarOto.com - Mandalika Racing Series (MRS) akan kembali digelar di Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 2-3 Maret 2024. Berlangsung 5 seri, tiga kelas akan dilombakan dengan regulasi baru.

Kelas utama yaitu, Sport 150, Sport 250, Supersport 600, serta Kelas pendukung lain, seperti Underbone 150 U-20, Supersport 600 dan Superbike 1000 Community. Mandalika Racing Series 2024 akan menjadi kejuaraan bergengsi dengan beberapa penerapan hal baru.

Baca Juga: Mandalika Racing Series Siap Lahirkan Pembalap Untuk Tampil Di Kejuaraan Internasional

Pride Club, sebagai penyelenggara bekerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan menambah sesi Superpole di kelas Kejurnas dan Underbone 150 U-20.

Selain itu ada beberapa regulasi teknik, yang telah disepakati dalam Rakornis dan Rakornas IMI, untuk membuat jalannya kompetisi semakin ketat, namun tetap menjunjung sportivitas.

Mandalika Racing Series siap digelar awal Maret 2024 mendatang

Priandhi Satria selaku Direktur Utama MGPA mengatakan, pihaknya akan terus memfasilitasi pembinaan untuk membangun prestasi para pembalap Indonesia, agar bisa menapak jenjang balapan lebih tinggi.

"Mandalika Racing Series telah menjadi ikon Kejuaraan Nasional, banyak memunculkan para pembalap juara di level tinggi, seperti ARRC dan Asia Talent Cup. Tak hanya satu, Mandalika Racing Seris akan dibuat 5 putaran selama tahun 2024 ini.

Diharapkan bisa kembali mendapatkan pemenang baru untuk meneruskan supremasi balap motor Indonesia, di kemudian hari. Sementara untuk penggemar balap lainnya, dapat menikmati tayangan Live Streaming yang sudah disiapkan dengan 11-titik baru dengan peralatan yang lebih lengkap.

Sementara itu, Eddy Saputra, Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat menyatakan, pihaknya selalu mendorong untuk terus meningkatkan kualitas balapan di Indonesia.

"Regulasi Teknik kami buat untuk memfasilitasi semuanya, agar lebih banyak yang bisa ikut dan tampil kompetitif di level Kejurna," jeasnya, Senin (12/02/2024).

Penyelenggaraan tahun ini, menurut dia mengeluarkan aturan mengenai registrasi produk, agar semua komponen yang digunakan sudah didaftarkan ke IMI, sehingga bisa dilindungi pengaplikasiannya di ajang balap.

Ini merupakan upaya mereka menjaga roda kompetisi di tingkat nasional. "Kejurnas MRS menjadi salah satu contoh penyelenggaraan yang menerapkan registrasi produk ini, di mana bila ada pembalap yang memakai produk non-register akan didiskualifikasi,” tegas Eddy.

Baca Juga: Tambah Kelas Balap, Mandalika Racing Series Diklaim Bakal Makin Seru

Event balap ini juga akan terselenggara, berkata beberapa sponsor yang ikut bergabung, di antaranya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Honda, Yamaha, Pirelli, Aspira Premio, GS Astra, KYB, Cargloss, MFZ Racing, Chemco, Nissin Samurai Brake serta lainnya.